Peristiwa Daerah

Kekebalan Komunal Turun, Binda DIY Percepat Vaksinasi Booster

Jumat, 24 Juni 2022 - 15:36 | 20.38k
Pelaksanaan vaksinasi booster yang digelar Binda DIY di Kalurahan Sumbermulyo Bantul. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Pelaksanaan vaksinasi booster yang digelar Binda DIY di Kalurahan Sumbermulyo Bantul. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Menyikapi kembali meningkatnya kasus Covid-19, yang diduga sebagai dampak paparan varian BA.4 dan BA.5. Badan Intelijen Daerah DI Yogyakarta (BINDA DIY) kembali melakukan percepatan vaksinasi. Khususnya untuk dosis ketiga atau vaksinasi booster. 

Koordinator vaksinasi Binda DIY wilayah Bantul Tundjung Nugroho menjelaskan, vaksinasi digelar serentak di kabupaten kota di DIY dengan tujuan kembali mewujudkan kekebalan komunal di wilayah DIY. Meski vaksinasi booster menjadi layanan utama namun tetap memberikan layanan vaksinasi dosis satu dan dua. 

Vaksinasi booster sangat penting untuk meningkatkan kembali kekebalan komunal yang mulai turun. Mengingat vaksinasi dosis kedua yang diberikan sekitar 3 bulan yang lalu sehingga diperkirakan sudah menurun efektifitasnya. Untuk itu perlu ditingkatkan dengan pemberian vaksin booster. 

"Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksin lengkap,"  tegas Tundjung Nugroho. 

Bekerjasama dengan Dokes Polres Bantul dan Dinas Kesehatan Bantul, vaksinasi digelar di Balai Kalurahan Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul, Jumat (24/6/2022). Dengan target sasaran 500, meliputi warga Kalurahan Sumbermulyo dan warga Kalurahan di sekitarnya. 

Lurah Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul Anik Widayani menilai, kesadaran warganya untuk mengikuti vaksinasi booster cukup tinggi.  Terbukti dari target 500 sudah terdaftar lebih dari 1.000 pendaftar sehingga pihak Kalurahan meminta untuk difasilitasi kembali menggelar vaksinasi booster. 

Choirul Anam (19) salah satu peserta vaksinasi mengaku, secara sadar mengikuti vaksinasi booster. Sebagai tanggungjawab untuk mewujudkan kekebalan komunal.

Warga Cepoko Bambanglipuro ini menilai kekebalan komunal dapat terwujud bila setiap warga memiliki kekebalan. Bagi karyawan swasta ini pelaksanaan vaksinasi booster oleh BINDA DIY ini sangat membantu dirinya dalam mengakses layanan kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES