Gaya Hidup Haji 2022

Tips Menyeberang, JCH Indonesia Diimbau Ikuti Arahan Petugas Transportasi

Jumat, 24 Juni 2022 - 15:06 | 137.20k
JCH Indonesia menyeberang jalan dibantu oleh petugas haji Indonesia divisi transportasi.
JCH Indonesia menyeberang jalan dibantu oleh petugas haji Indonesia divisi transportasi.
FOKUS

Haji 2022

TIMESINDONESIA, MADINAH – Menyeberang jalan menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan JCH Indonesia. Jalanan yang ramai dengan lalu lalang kendaraan bermotor bisa berbahaya bagi penyeberang jalan. 

Mashuri Masyhuda, petugas haji Indonesia divisi transportasi mengungkapkan masih banyak JCH Indonesia yang abai saat menyeberang jalan. Karena itu ia memberikan beberapa tips menyeberang aman untuk seluruh jemaah. 

"Fokus menyeberang, ini yang utama. Jadi jemaah harus memperhatikan jalan dan melihat arahnya kendaraan, jemaah juga harus melihat arah tujuan menyeberang," tegasnya. 

Ia juga berpesan agar penyeberang jalan agar menghindari beberapa hal. Seperti menyeberang sambil berlari, sibuk melihat ponsel (baik telepon, membaca dan membalas percakapan, mengambil foto atau video). 

Mashuri juga menambahkan agar jemaah tidak makan atau minum sambil menyeberang jalan. "Tidak boleh makan dan minum sembari menyeberang, selain berbahaya hal itu tidak mengikuti anjuran Nabi Muhammad, makan dan minum sambil duduk," jelasnya. 

Lantas Mashuri menganjurkan JCH Indonesia untuk meminta bantuan petugas untuk menyeberang jalan. "Tampaknya sepele, tapi ini sangat riskan ya, jadi jangan ragu untuk meminta bantuan petugas," imbuhnya. 

Kata Mashuri, petugas akan membantu jika menyeberangnya di pos pantai petugas. Petugas juga akan mengumpulkan jemaah sebelum menyeberang sambil mengamati situasi kendaraan di jalan. 

Petugas juga akan menghentikan kendaraan sebelum memberi isntruksi menyeberang dengan aman. Sebab tidak semua pengemudi mobil/ bus menuruti tanda dari petugas untuk berhenti. Selain itu, banyak kendaraan yang tetap melaju kencang meski sudah diberi tanda oleh petugas. Setelah aman, petugas akan mempersilakan jemaah menyeberang jalan. 

Mashuri berharap seluruh JCH Indonesia dapat mematuhi imbauan menyeberang dari petugas transportasi agar seluruh rangkaian ibadah dapat berjalan dengan lancar, sehat hingga nanti kembali ke Tanah Air. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES