Olahraga

Menpora RI Tegaskan Dirinya adalah Ketua Penyelenggara Asean Para Games 2022

Jumat, 24 Juni 2022 - 15:43 | 24.34k
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Kemenpora)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali kembali meluruskan sekaligus menegaskan bahwa, ketua penyelenggaraan Asean Para Games 2022 (APG 2022) Solo adalah pemerintah dalam hal ini dirinya selaku Menpora RI

Sementara posisi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka adalah membantu pelaksanaan secara teknis untuk kesuksesan Solo sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asean Para Games 2022.

"Kendali, tanggung jawab dan segala sesuatunya ada di Menpora. Jadi, pemerintah setempat itu hanya membantu pelaksanaan penyelenggaraan," kata Menpora Amali di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Menurut Menpora Amali, venue penyelenggaraan APG 2022 mayoritas ada di Surakarta dan sekitarnya dan satu venue di Semarang, secara langsung maka, pemerintah setempat pasti terlibat untuk membantu. Asean Para Games 2022 sendiri akan digelar pada tanggal 30 Juli sampai dengan 6 Agustus 2022 

"Sebagai penanggung jawab di lapangan, saya meminta bantuan wali kota (Surakarta dan Semarang) sekaligus NPC. Jadi, wali kota bukan penyelenggaranya. Penyelenggara tetap Menpora, wali kota hanya membantu pelaksanaanya. Dan urusan prestasi adalah tanggung jawabnya NPC," tegas Menpora Amali lagi. 

"Dalam Perpres dikatakan Ketua Penyelenggara adalah Menpora. Karena pelaksanaannya di Surakarta maka Wali Kota Surakarta ini membantu pelaksanaan. Jadi Wali Kota Surakarta hanya membantu pelaksanaan, bukan sebagai penanggungjawab karena penanggungjawab tetap Menpora dan pengarahnya adalah Menko PMK," urainya. 

Menpora Amali kembali melanjutkan, bahwa Inaspoc adalah pelaksana yang dibawah, tetapi diatasnya ada penyelenggara. Jadi ada pengarah (Menko PMK). Penyelenggara ini dibawahnya ada pelaksana, penanggungjawab infrastruktur (Kementerian PUPR RI) dan penanggungjawab prestasi (NPC). 

"Jadi, keseluruhannya tetap dibawah kendali Menpora. Jadi, Menpora adalah ketua penyelenggara kemudian pelaksana di daerah adalah walikota. Saya berharap semoga ini bisa sukses semua dan masyarakat Surakarta dan sekitarnya memberikan dukungan sekaligus menginformasikan Asean Para Games 2022 ke masyarakat karena ini adalah ASEAN karena mendadak Vietnam tidak sanggup," pungkas Menpora RI.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES