Peristiwa Internasional

62 Napi Meninggal di Haiti Akibat Gizi Buruk

Jumat, 24 Juni 2022 - 11:24 | 53.19k
Penjara Croix-des-Bouquets Haiti tampak dari luar. (Foto: Dieu Nalio Chery/AP) 
Penjara Croix-des-Bouquets Haiti tampak dari luar. (Foto: Dieu Nalio Chery/AP) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kurangnya pasokan bahan makanan dan buruknya kualitas gizi yang diberikan pihak pengelola penjara Haiti membuat puluhan narapidana (napi) meninggal dunia akibat gizi buruk. Setidaknya, dalam 2 bulan terakhir tercatat 8 napi di negara tersebut meninggal akibat malnutrisi.

Dewan Perwakilan PBB bahkan mengeluarkan data dengan jumlah yang cukup mencengangkan. Tercatat terdapat 54 napi meninggal di penjara Haiti akibat malnutrisi mulai bulan Januari hingga April 2022. Jumlah tersebut menambah deretan panjang napi yang meninggal di penjara Haiti pada tahun ini.

Jika ditotal maka setidaknya 62 napi telah terenggut nyawanya akibat kelaparan hanya pada tahun ini saja. Padatnya penghuni penjara juga disinyalir menjadi salah satu penyebab buruknya distribusi makanan  di penjara tersebut.

Ronald Richeond, Komisioner Pemerintah Kota Les Cayes mengungkap bahwa mereka memiliki sejumlah 833 napi hanya di kota tersebut. "Siapapun kami harap dapat membantu secepatnya karena para napi ini sangat membutuhkan bantuan," ungkapnya dilansir dari The Guardian.

Menurut hukum, penjara di Haiti seharusnya menyediakan makanan dua kali sehari beserta air yang dibutuhkan. Makanan yang disajikan biasanya berupa bubur dan sepiring nasi dengan lauk ikan atau daging lainnya. Namun beberapa bulan belakangan mereka harus bbergantung pada kiriman keluarga mereka untuk makan.

Dan kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa keluarga mereka tak dapat mengunjungi mereka setiap hari akibat kekerasan kelompok tertentu yang menyebabkan mereka tak dapat melntas melalui daerah tersebut untuk menuju ke penjara.

Keadaan ini disusul dengan rusaknya pompa air menuju ke penjara Les Cayes. Hal ini menyebabkan para napi bergantung pada kiriman keluarga mereka untuk mandi dan minum.

Sebagian ruangan di penjara Les Cayes Haiti sendiri juga belum sempat diperbaiki setelah tretimpa gempa 7.2 SR pada agustus 2021 lalu. Hal ini pulalah yang mengakibatkan ruangan napi di penjara tersebut harus menampung kapasitas 280% dari kapasitas seharusnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES