Indonesia Positif

Fakultas Psikologi UAD Gelar Seminar Nasional dan Call for Paper

Jumat, 24 Juni 2022 - 09:02 | 37.69k
Seminar Nasional dan Call for Paper yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UAD (FOTO: AJP/TIMES Indonesia
Seminar Nasional dan Call for Paper yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UAD (FOTO: AJP/TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Lagi, Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan atau UAD mengadakan Seminar Nasional & Call for Paper. Kegiatan ini dalam rangka untuk membantu para ilmuwan, khususnya ilmuwan psikologi, praktisi, dan masyarakat luas.

Seminar tersebut merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksanakan setiap setahun sekali. Kegiatan ini merespon status Indonesia yang masih belum bersih dari pandemi Covid-19. Sedikitnya, ada sekitar 160 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti seminar ini. Seminar Nasional yang dilakukan dengan media Zoom Meeting dan streaming YouTube beberapa waktu lalu ini menghadirkan tiga pematari.

Ke-3 pemateri yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr Sandiaga Salahudin Uno BBA; Chairman of ASEAN Human Development Organization, Pambudi Sunarsihanto, MSc MBA; dan Dosen sekaligus Kepala Program Studi Magister Profesi Psikologi UAD, Dr Siti Urbayatun, SPsi M.Psi Psikolog. Sedangkan keynote speaker yaitu Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia Prof Dr Seger Handoyo, Psikolog.

Seminar bertema Mengelola Perubahan Pasca-Pandemi: Tantangan dan Intervensi Psikososial di Era 5.0 ini bertujuan untuk menghasilkan pemikiran yang solutif dan inovatif terkait permasalahan yang sedang terjadi di tanah air.

Rektor UAD, Dr Muchlas, MT dalam sambutannya mengatakan seminar nasional ini sangat tepat untuk mencari langkah efektif dalam penanganan dari aspek psikologis pasca pandemi. "Dampak yang besar tersebut harus segera ditangani. Semoga seminar berlangsung lancar dan membawa manfaat,” ucap Muchlas.

Pemateri pertama yaitu Siti Urbayatun menyampaikan bahasan tentang Peran Psikologi dalam Mengelola Perubahan Psikososial Pasca-Pandemi. Berikutnya, materi kedua tentang Tantangan dan Peluang Masa Depan Dunia Kerja Pasca-Pandemi yang disampaikan oleh Pambudi Sunarsihanto. 

Dalam kesempatan itu, Pambudi juga memberikan hadiah berupa buku yang ditulisnya sendiri kepada tiga penanya terbaik. Pembahas materi terakhir disampaikan oleh Sandiaga Salahudin Uno dengan tema Peluang dan Tantangan Mahasiswa di Era 5.0.

"Badai pandemi Covid-19 mendidik kita agar lebih inovatif, adaptif, dan kolaboratif. Kita harus punya konsep tiga G, Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (garap semua potensi online)," kata Sandi dalam Seminar Nasional yang digelar oleh Fakultas Psikologi UAD pada beberapa waktu lalu.

Setidaknya, terdapat 68 kelompok dari berbagai universitas mengikuti kompetisi ini. Tujuh tema besar yang diangkat dalam paper adalah Psikologi Komunitas, Psikologi Islam, Psikologi Kesehatan, Psikologi Pendidikan dan Sekolah, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, serta Psikologi Sosial.

Paper terbaik dari masing-masing tema akan menjadi pemenang sebagai presenter terbaik yang langsung diumumkan di akhir acara.

Ketua pelaksana kegiatan yang juga Dosen Psikologi UAD, Ismira Dewi S.Psi M.Psi Psikolog menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas lancarnya kegiatan kali ini. "Alhamdulillah kegiatan Seminar Nasional dan Call for Paper ini berlangsung dengan lancar dan semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat," paparnya.

Rangkaian Seminar Nasional & Call for Paper yang diselenggarakan Fakultas Psikologi UAD ini diawali dengan sambutan dari Dekan Psikologi UAD, Elly Nur Hayati, MPH PhD, Psikolog. Dilanjutkan sambutan dari Rektor UAD, Dr Muchlas, MT dan penyampaian keynote speaker oleh Seger Handoyo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES