Ekonomi

Kisah Inspiratif Sugito, Anak Petani Wonogiri yang Sukses Dirikan Honda Camp

Kamis, 23 Juni 2022 - 23:06 | 372.83k
Sugito,owner Honda Camp. (Foto-foto: Honda Camp for TIMES Indonesia)
Sugito,owner Honda Camp. (Foto-foto: Honda Camp for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kisah sukses Sugito ini menginspirasi karena perjalanan hidupnya. Pria kelahiran 1975 asal Wonogiri, Jawa Tengah, ini sukses menjadi pengusaha dan pemilik bengkel "Honda Camp" di Cikunir, Bekasi, Jawa Barat.

Honda Camp, saat ini menjadi bengkel spesialis kumpulan para pengguna mobil Honda. Bagi pemilik mobil Honda yang ingin melakukan perawatan atau perbaikan, bengkel spesialis Honda Camp bisa jadi pilihan utama di luar bengkel resmi. Sebab Honda Camp menyediakan layanan dan fasilitas lengkap layaknya bengkel resmi Honda.

Sugito yang akrab disapa Gito ini mengaku tidak pernah membayangkan mimpinya memiliki bengkel mobil sendiri menjadi kenyataan. Pria tamatan Sekolah Teknik Mesin ini memang bercita-cita suatu saat ingin memiliki bengkel.

HOnda-Camp.jpgHonda Camp, fasilitas bengkel spesialis mobil Honda layaknya bengkel resmi. (foto: Honda Camp for TIMES Indonesia) 

Gito menceritakan, awal langkahnya sebagai montir saat merantau ke Jakarta pada tahun 1997. Lahir dari keluarga sederhana sebagai anak petani dan orang desa, tidak mematahkan semangatnya untuk menjadi orang sukses. Niatan mulia selalu ditanamkan Gito agar segala sesuatu yang diharapakan bisa membuahkan hasil yang baik.

Dengan segudang pengalaman di otomotif, Gito memberanikan diri membuka bengkel spesialis mobil Honda, bernama Honda Camp di Cikunir, Bekasi, pada 2017 silam.

“Nama bengkel Honda Camp tercetus dari asal Base Camp-nya komunitas mobil Honda,” tandasnya.

Saat didirikan, Gito hanya memiliki luas bengkel 2.000 meter. Honda Camp hadir untuk memberikan solusi dengan produk-produk original Honda.

“Seperti yang kita tahu, setelah masa garansi mobil habis, biaya perawatan berkala mobil Honda di bengkel resmi tidak murah. Honda Camp hadir untuk memberikan solusi dengan produk-produk original Honda,” ujarnya.

Gito menambahkan, Honda Camp tidak hanya mengkhususkan mobil keluaran Honda saja. “Kami juga menerima beberapa merek mobil lainnya. Jadi, bisa untuk bengkel mobil umum juga,” tegas owner Honda Camp ini.

HOnda-Camp-a.jpgHonda Camp, fasilitas bengkel spesialis mobil Honda layaknya bengkel resmi. (foto: Honda Camp for TIMES Indonesia) 

Gito menyebutkan, belakangan sudah banyak Youtuber dan media massa yang meliput Honda Camp. Seluruh komunitas mobil Honda juga sudah tidak asing lagi dengan mama bengkel Honda Camp.

"Honda Camp juga sempat viral ketika banjir melanda Ibu Kota Jakarta di awal tahun 2020. Ratusan mobil Honda antre di Honda Camp untuk dibenerin sampai tuntas dengan harga yang bersahabat," kata Gito.

Saat ini Honda Camp memiliki tiga cabang yakni Honda Camp Cikunir, Honda Camp Kranji, dan Honda Camp Harapan Indah. Rencananya, akan hadir dalam waktu dekat di BSD, Lebak Bulus, dan Cipinang.

“Semoga Honda Camp menjadi bermanfaat untuk banyak orang yang ingin merawat mobil kesayangannya,” kata Gito.

Sosok founder dan CEO Honda Camp ini juga dikenal sangat ramah, sederhana, dan dekat dengan anak muda. Di usianya yang menginjak 47 tahun, Gito mampu membuktikan kiprah Honda Camp yang berhasil menjadi sponsor Moira Band.

“Saya membuka diri untuk berpartner dengan siapapun asal bermanfaat untuk banyak customer di Honda Camp,” kata Gito.

Kesuksesan Gito mengelola Honda Camp, tidak membuatnya lupa dari desa tempat asalnya.  Ia mengungkapkan, di desa kampung halamannya masih relatif sulit mendapatkan layanan pengobatan yang memadai.

“Orang sakit pun masih dibopong-bopong memakai tandu untuk mencarikan tempat pengobatan. Bahkan, listrik masuk ke desa baru-baru ini saja,” ujarnya. 

Karena itu, kesuksesannya mengelola Honda Camp oleh Gito sebagian keuntungannya akan digunakan untuk  membangun desa tempat kelahirannya agar warga di sana bisa layak hidup.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES