Peristiwa Daerah

Ridwan Kamil Lepas 1.784 Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

Kamis, 23 Juni 2022 - 21:58 | 27.99k
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas secara langsung Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban, di halaman depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (23/6/2022). (Foto: Diskominfo for TIMES Indonesia)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas secara langsung Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban, di halaman depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (23/6/2022). (Foto: Diskominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memastikan, hewan kurban yang disembelih berada dalam keadaan sehat dan sesuai dengan syariat Islam. 

Untuk mendukung hal itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas secara langsung Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban sebanyak 1.784 orang secara simbolis di halaman depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (23/6/2022). 

"Pemeriksaan akan mulai dilaksanakan dari H-14 Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah. Tim Pemeriksa Kesehatan (hewan kurban) ini terdiri dari Pemda Provinsi Jawa Barat, kota/ kabupaten, Ikatan Dokter Hewan Jabar, dan Asosiasi Obat Hewan Indonesia," kata Gubernur Jabar. 

Selain itu, tim juga terdiri dari Balai Veteriner dan Balai Inseminasi buatan, yang semuanya bekerja sama dalam satu tim untuk memastikan kurang lebih 800 ribu hewan kurban yang tahun ini ditargetkan akan dipotong. Diharapkan kegiatan berjalan lancar sesuai dengan harapan.

Gubernur-Jabar-Ridwan-Kamil-a.jpg

"Idul Adha sudah kita antisipasi dengan semaksimal mungkin. Salah satunya hari ini kita mulai melepas Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban ke seluruh Jabar untuk memastikan, pada saat pelaksanaan (hari H) tidak ada hewan-hewan sakit atau tidak layak yang dipotong sebagai hewan kurban," tegas gubernur. 

"Kami pastikan hewan kurban yang nanti dipotong adalah hewan kurban yang sehat dan sesuai dengan syariah," ungkapnya. 

Ridwan Kamil memerintahkan pula Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban untuk memantau langsung penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Berdasarkan data Pemda Provinsi Jabar, 40 persen hewan yang terdampak PMK sudah berangsur sembuh. 

"Sambil itu berjalan, penanggulangan PMK terus dilakukan. Setiap hari kami memvaksin hewan-hewan yang sehat, dan mengobati hewan-hewan yang sakit (PMK) itu 40 persen lebih sudah sembuh," papar Ridwan. 

"Tingkat kesembuhan naik, dan partisipasi dari masyarakat juga sangat baik. Budaya menggunakan obat-obatan tradisional juga dilakukan, sehingga diharapkan dalam waktu dekat penyakit ini bisa diselesaikan," jelasnya. 

Gubernur-Jabar-Ridwan-Kamil-bd277ea937ba48b85.jpg

Kang Emil mengatakan pula, Pemda Provinsi Jabar dalam waktu dekat akan memvaksin hewan-hewan yang sehat di 27 kabupaten/ kota. 

"Ada 120 ribu vaksin yang akan kita suntikkan ke hewan-hewan sehat di seluruh Jawa Barat," sebutnya. 

Adapun pelaksanaan pemeriksaan hewan kurban pada tahun 2021/1442 Hijriah meningkat sekitar 18,7 persen dari tahun 2020, yakni dengan jumlah pemotongan hewan kurban sebanyak 301.774 ekor terdiri dari sapi 106.191 ekor, kerbau 448 ekor, domba 153.934 ekor, dan kambing sebanyak 41.201 ekor. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES