Kesehatan

Kunyit Hitam India Mulai Dibudidayakan di Majalengka

Kamis, 23 Juni 2022 - 21:12 | 56.03k
Kunyit Hitam India. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)
Kunyit Hitam India. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Pernah dengar tentang Kunyit Hitam India? Kunyit sejatinya berwarna kuning orange. Tapi varietas ini tumbuh subur di negara India. 

Nah, di Kabupaten Majalengka Jawa Barat, budidaya Kunyit Hitam India ini sedang dibudidayakan/diberdayakan.

Petani dan pembudidaya tanaman, sekaligus mantan pejabat di lingkungan Pemkab Majalengka, Nana Rusmana mengatakan, bulan lalu ia berangkat ke India dan membawa serta bibit Kunyit Hitam.

"Saya membudidayakan Kunyit Hitam ini, bibitnya didapat langsung dari India," ungkapnya, saat ditemui di lokasi pembibitan di wilayah Kecamatan Cigasong, tak jauh dari bunderan Baribis, Kamis, (23/6/2022). 

Hanya saja, menurut Nana, rimpang Kunyit Hitam India itu semuanya telah tumbuh dan dialihkan ke pot dan polybag. 

"Sehingga, saya tak bisa menunjukkan rimpang Kunyit Hitam India ini‎. Namun, bentuknya persis sama dengan kunyit biasa, bedanya, dalamnya atau dagingnya berwarna hitam," ujarnya. 

Nana tertarik menekuni dunia tanaman ‎sejak ia pensiun lima tahun lalu. Namun untuk menanam jenis tanaman herbal, baru dilakukannya setahun terakhir. 

"Saya juga menanam porang. Pangsa pasarnya lumayan. Saya menyalurkan hobi yang terpendam. Insya Allah siap panen dalam kurun waktu enam bulan ke depan," ungkap mantan birokrat Majalengka ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES