Properti

Apersi: Potensi Pembangunan Rumah Subsidi di Kabupaten Jember Cukup Tinggi

Kamis, 23 Juni 2022 - 18:39 | 56.48k
Prosesi serah terima jabatan oleh Ketua DPD Apersi Jatim kepada ketua terpilih Korwil Jember. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)
Prosesi serah terima jabatan oleh Ketua DPD Apersi Jatim kepada ketua terpilih Korwil Jember. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Ketua Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (DPD Apersi) Jawa Timur, Makhrus Sholeh mengungkapkan, Kabupaten Jember memiliki potensi yang luar biasa dalam pembangunan rumah subsidi

Hal tersebut ia sampaikan selepas acara Pelantikan Pengurus DPD Apersi Korwil Jember, Kamis (23/6/2022). 

Menurut Makhrus, tujuan adanya rumah subsidi tersebut adalah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) memiliki hunian pribadi. Selain itu, dari sektor ekonomi juga bisa membantu 154 unit industri lain untuk tumbuh dan berkembang. 

"Oleh karena itu, kita harus bisa bersinergi lagi terutama dengan stakeholder perumahan mulai dari perizinan, pertanahan, PLN, notaris, dan masyarakat setempat seperti RT/RW," ungkapnya kepada sejumlah awak media. 

Ia juga membeberkan, MBR dapat memiliki hunian dengan bantuan subsidi uang muka hingga Rp40 juta dari pemerintah. "Kalau tidak diambil oleh MBR maka akan rugi, karena hanya diperbolehkan membeli satu unit saja. Dan bagi masyarakat yang berpenghasilan Rp8 juta keatas tidak diperbolehkan membeli," terang Makhrus.  

Senada, Asyik Pamiluhadi, ketua terpilih Apersi Korwil Jember juga menyayangkan jika kesempatan rumah subsidi tersebut tidak dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama masyarakat berpenghasilan rendah. Ia juga menuturkan bahwa dalam pasarnya, rumah subsidi bagi MBR masih relatif tinggi di Kabupaten Jember. 

"Di kecamatan atau kota-kota yang padat penduduk juga peluangnya masih bagus. Karena memang melihat dari pasarnya yang masih banyak terbuka dan keluarga-keluarga muda juga banyak di Jember dan sekitarnya," ungkap Asyik. 

Oleh karena itu, pria yang sebelumnya menjabat sebagai sekretaris tersebut berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dan sinergi kepada dinas-dinas ataupun instasi terkait untuk membantu pembangunan yang ada di Kabupaten Jember. 

Turut hadir, Asisten II Kabupaten Jember, Hendro sulistiyo yang mewakili Bupati Jember, Hendy Siswanto meminta agar Apersi bisa menjadi mitra strategis pemerintah daerah, khususnya dalam pengembangan rumah subsidi yang relatif terjangkau dengan daya beli masyarakat. "Momentum ini dimaksudkan untuk mewujudkan laju program pembangunan. Kami membutuhkan dukungan Apersi guna mendukung program-program pembangunan yang akan dilakukan Pemkab Jember," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES