Pemerintahan

Presiden RI Jokowi Bakal Kunjungi Rusia-Ukraina, Paspampres Siapkan Pengawalan Terbaik

Kamis, 23 Juni 2022 - 15:29 | 75.32k
Para Paspampres saat bertugas mengawal Presiden Jokowi di Jakarta. (foto: Dokumen/Antara)
Para Paspampres saat bertugas mengawal Presiden Jokowi di Jakarta. (foto: Dokumen/Antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komanda Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Mayjen Tri Budi Utomo menyampaikan bahwa jajarannya siap mengawal kunjungan kenegaraan Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) ke ke Moskow, Rusia dan Kyiv, Ukraina.

Menurut Tri Budi Utomo, Presiden Jokowi akan bertemu langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di negaranya masing-masing. Dia menegaskan misi perjalanan tersebut untuk menawarkan resolusi perdamaian.

Lebih lanjut, Tri Budi mengatakan latihan intensif sudah dilakukan Paspampres yang akan mengawal Jokowi sejak beberapa minggu lalu. Latihan itu mencakup penyelamatan di kereta api hingga di jalanan.

"Terkait dengan bagaimana kira kira kegiatan ataupun kejadian apa yang harus kita antisipasi kita sudah latihan. Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di stasiunnya sendiri, di jalannya seperti apa, meng-escape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," kata Tri Budi di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Paspampres juga telah menyiapkan perlengkapan penyelamat seperti helm dan rompi. Pemerintah Ukraina, ungkap Budi, juga telah memberikan izin penggunaan senjata api laras panjang dengan amunisi tidak terbatas untuk pengawal Jokowi.

"Untuk senjata yang biasanya kita tidak menggunakan senjata laras panjang dari pihak Ukraina juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang sesuai dengan jumlah personel Paspampres kita dengan amunisi yang tidak terbatas," tutur Tri Budi.

Kemudian, dia juga berharap semoga perjalanan Presiden Jokowi berjalan dengan baik. Dia ingin memberikan layanan terbaik kepada Presiden, apalagi misinya merupakan misi kemanusiaan di dua negara tersebut. Dia juga menjelaskan, telah berkomunikasi dengan pihak Rusia dan Ukraina.

Selanjutnya untuk komunikasi maupun koordinasi dengan kedua negara sudah dilakukan di awal dengan KBRI.

"Dan selanjutnya nanti advance akan ke sana, lebih melekat lagi, nanti di dalam rangkaian kereta api kemungkinan juga mereka akan ikut di dalam situ namun kita batasi untuk jumlah tempatnya. Sementara demikian yang saya bisa sampaikan," pungkas Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo terkait agenda Presiden RI Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES