Indonesia Positif

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ponorogo Gelar Sosialisasi Restorasi Arsip Letter C

Kamis, 23 Juni 2022 - 14:31 | 56.52k
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ponorogo gelas sosialisasi restorasi arsip letter C di wilayah Kecamatan Jetis. (Foto:Indah/TIMES Indonesia)
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ponorogo gelas sosialisasi restorasi arsip letter C di wilayah Kecamatan Jetis. (Foto:Indah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGODinas Perpustakaan dan Kearsipan Ponorogo menggelar Sosialisasi Restorasi Letter C di Balai Pertemuan Kantor Kecamatan Jetis Ponorogo Kamis (23/6/2022).

Sosialisasi yang dibuka langsung Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ponorogo, Arif Efendi tersebut diikuti seluruh Kepala Desa se Kecamatan Jetis.

Arif Efendi mengatakan, sosialisasi letter C dirasa perlu dilaksanakan karena saat ini kesadaran tugas pengelola arsip di Ponorogo masih belum maksimal.

Sementara restorasi arsip letter C desa sangat dibutuhkan, "Karena letter C merupakan salah satu dokumen penting yang dapat dijadikan sebagai dasar bukti kepemilikan tanah," ucap Arief Efendi.

Dinas-Perpustakaan-x.jpg

Menurutnya, karena berupa kertas dokumen letter C ketahanannya terbatas, "Padahal perannya sangat penting," ulas Arief Efendi.

Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ponorogo berinisiatif merestorasi seluruh dokumen letter C yang ada di Kelurahan maupun Desa yang ada di Ponorogo.

Arief Efendi pun menjelaskan bahwa proses penyelamatan aset ini diawali dengan memilah nomor urut dokumen, kemudian melapisi dengan kertas Jepang dan ditunggu hingga benar-benar kering serta melekat sempurna. 

"Selanjutnya dokumen tersebut di-scan sebagai upaya alih media dari hardfile menjadi softfile," kata Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ponorogo, Arief Efendi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES