Peristiwa Daerah

Hadiri Pernikahan Nyeleneh, M Nasir Diberhentikan Jadi Ketua BK DPRD Gresik

Rabu, 22 Juni 2022 - 22:53 | 50.30k
Ketua BK DPRD Gresik yang dicopot sementara, M Nasir (Kanan) bersama Anggota DPRD Nurhudi Didin Arianto (Kiri). (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Ketua BK DPRD Gresik yang dicopot sementara, M Nasir (Kanan) bersama Anggota DPRD Nurhudi Didin Arianto (Kiri). (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Akibat menghadiri pernikahan nyeleneh antara manusia dan kambing, anggota dewan Fraksi Nasdem, M Nasir dicopot sementara dari jabatannya sebagai Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Gresik.

Sebelumnya, Nasir menghadiri pernikahan tak lazim itu atas undangan koleganya sesama anggota dewan dari Nasdem yakni Nurhudi Didin Arianto di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng Desa Jogodalu, Benjeng. 

Kasus yang berujung pada penistaan agama ini juga sedang dilakukan penyidikan oleh pihak kepolisian. Meski sudah terbit SPDP dan diterima Kejaksaan, tapi Polres Gresik masih belum menetapkan tersangka.

Wakil Ketua DPRD Gresik, Mujid Riduan mengatakan, melalui hasil rapat BK beberapa waktu yang lalu, Muhammad Nasir diberhentikan sementara sebagai Ketua BK. 

"Alasannya, dari hasil rapat BK Pak Muhammad Nasir resmi teradu berkaitan dengan pernikahan manusia dengan kambing," katanya pada Rabu (22/6/2022).

Pemberhentian akan diberlakukan sejak surat resmi disampaikan kepada yang bersangkutan. Alasan lain pemberhentian, dari hasil rapat BK bahwa yang berangkutan karena melanggar tatib dan kode etik. 

"Yang mengadukan beberapa kelompok masyarakat. Hasil rapat BK menyatakan yang bersangkutan melanggar tatib DPRD Gresik dan kode etik," imbuhnya.

Selain Muhammad Nasir, Nurhudi yang diduga sebagai orang yang mengundang hajatan berujung penistaan agama itu acara juga sebagaj teradu. Hanya saja pihak BK belum ada keputusan karena juga menunggu proses hukum. 

"Terkait Nurhudi, BK belum ada keputusan. Karena menunggu pihak lain atau aparat penegak hukum terkait kasus yang sekarang dalam penyidikan," jelasnya.

Untuk sementara waktu, posisi Nasir digantikan wakilnya, yakni Jamiatul Mukaromah dari Fraksi PKB. 

"Kan otomatis ketuanya berhalangan digantikan wakilnya bu Jamiatu Mukaromah Fraksi PKB," imbuh dia menanggapi anggota DPRD Gresik, M Nasir dicopot dari Ketua BK karena hadir di acara pernikahan nyeleneh yang berujung penistaan agama. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES