Peristiwa Internasional

Festival Beyoglu International Flavours Sukses Perkenalkan Makanan Indonesia ke Istanbul

Rabu, 22 Juni 2022 - 21:13 | 69.96k
Anak-anak berjubel mencicipi makanan Indonesia di Festival Beyoglu International Flavours, Istanbul, Turki. (Foto: PPI Turki)
Anak-anak berjubel mencicipi makanan Indonesia di Festival Beyoglu International Flavours, Istanbul, Turki. (Foto: PPI Turki)

TIMESINDONESIA, JAKARTAFestival Beyoglu International Flavours yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Beyogyu, Istanbul berhasil usung dan memperkenalkan  makanan Indonesia ke negara Turki. Festival ini dilaksanakan kurang dari 3 minggu setelah KJRI Istanbul bersama PPI Turki dan PPI Dunia menghadirkan Festival Pasar Senggol awal Juni 2022 lalu.

Festival ini diadakan oleh pemerintah kota Beyoglu selama 5 hari penuh. Pemerintah setempat memilih Galataport, Istanbul sebagai tempat utama mengadakan pasar rakyat ini. Diketahui, Galataport merupakan pusat wisata terkini dan terkemuka di negara tersebut.

Tercatat mulai tanggal 15–19 Juni 2022 berbagai macam kalangan turut meramaikan acara tersebut. Selain Indonesia, sebanyak 13 Konsulat Jenderal perwakilan asing lainnya di Istanbul seperti Azerbeijan, Brazil, Libya, Malaysia, Maroko, Mesir, Mexico, Tunisia dan beberapa lainnya serta pelaku besar usaha kuliner Turki turut terlibat memeriahkan Festival gastronomi internasional tersebut.

Festival-Beyoglu-3.jpgBeberapa makanan Indonesia yang ditawarkan pedagang lokal di Festival Beyoglu International Flavours. (Foto: PPI Turki)

Selain stand KJRI Istanbul, Indonesia menghadirkan 12 stand lain yang diwakili oleh pedagang-pedagang dalam negeri yang menawarkan produk asli Indonesia. Sebut saja soto, rendang, pempek dan masih banyak lagi. Warung mereka selalu ramai dikunjungi pembeli dan bahkan ludes sebelum waktunya tutup.

Pembelinyapun tak melulu dari warga Indonesia. Bahkan kebanyakan pembeli berasal dari warga asing yang beraga di Turki atau warga Turki sendiri. Kelezatan dan kepopuleran makanan Indonesia di mata dunia telah mengundang para pembeli untuk mencicipi makanan yang ditawaran para pedagang asli Indonesia.

Konsul Jenderal RI di Istanbul, Imam As’ari mengungkap bahwa hal ini sejalan dengan dibentuknya KEDI (Komunitas Ejonomi Diaspora Istanbul) yang terbentuk saat Pasar Senggol kemarin. Tentunya festival tersebut membawa angin segar bagi para pelaku bisnis makanan Indonesia di Istanbul.

Festival-Beyoglu-2.jpgKeriuhan Festival Beyoglu International Flavours, Istanbul, Turki. (Foto: PPI Turki)

“Hal ini sejalan dengan tujuan awal diluncurkannya KEDI yaitu mensinergikan kegiatan ekonomi pelaku usaha kecil dan menengah diaspora Indonesia di Kawasan Marmara untuk mempromosikan produk-produk UMKM otentik Indonesia di berbagai bidang”, ungkapnya.

Selain suguhan kuliner Indonesia dan beberapa kuliner mancanegara, Festival Beyoglu International Flavours juga dimeriahkan penampilan kebudayaan dari berbagai negara. live cooking oleh beberapa chef Indonesia juga disuguhkan dengan apik dan memeriahkan suasana pada acara festiva pasar rakyat di Istanbul, Turki kali ini.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES