Gaya Hidup

Dari Majalengka, Rampak Genteng Menggaung di Jerman

Rabu, 22 Juni 2022 - 20:17 | 103.92k
Rampak Genteng dari Majalengka, Jawa Barat, menggaung dan menggema Kassel Jerman. (FOTO: JAF for TIMES Indonesia)
Rampak Genteng dari Majalengka, Jawa Barat, menggaung dan menggema Kassel Jerman. (FOTO: JAF for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Cuaca cerah di Kassel Jerman menambah suasana performance Rampak Genteng dari Majalengka Jawa Barat menggaung dan menggema, memeriahkan warga yang ada di sana. 

‎Event unggulan para pegiat seni dari Jatiwangi Art Factory (JAF) ini tampil memukau dalam pameran Documenta Fifteen di Kassel, Jerman.

Penampilan para seniman JAF dan seniman lainnya dari Majalengka itu, dinilai sukses meraih banyak perhatian publik warga Kassel Jerman. 

Pameran seni rupa kontemporer ini, telah biasa digelar lima tahun sekali. Mengundang para seniman dari berbagai dunia.

Direktur JAF, Ahmad Sujai mengatakan, bahan genteng yang telah ia siapkan cukup banyak, yakni mencapai 150 bahan genteng. Namun, karena peminatnya melebihi jumlah bahan genteng yang tersedia, maka warga Kassel Jerman yang ikutan Rampak Genteng terpaksa menggunakan bahan lain.

"Mereka yang tidak mendapatkan Genteng, terpaksa berdendang atau menggunakan benda lain," kata Sujai dalam rilisnya, Rabu (22/6/2022).

‎Sujai menambahkan, pihaknya lebih fokus pada documenta lumbung member, mengingat banyak  warga setempat mengikuti acara tersebut. 

"Documenta lumbung member ini berasal dari berbagai benua. Rampak Genteng bisa tampil di sini kami sangat bersyukur. Ini suatu kebanggaan bagi kami," ucapnya.

Rampak-Genteng-2.jpg

Terpisah, Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana yang terlihat hadir di even Kassel Jerman itu, juga merasa sangat bangga. Pihaknya merasa bahagia dan gembira, karena Rampak Genteng hasil kreasi warga Majalengka bisa tampil di even kelas dunia. 

"Saya bahagia, bangga jadi warga Majalengka, masyarakat di Kassel Jerman ini terlihat antusias dan semangat. Rampak Genteng telah menunjukkan punya nilai-nilai lokal Majalengka mampu diterima di dunia internasional," ungkapnya. 

Wabup Tarsono menambahkan, Rampak Genteng di Kassel Jerman tampaknya diterima dengan baik di tingkat dunia. ‎Animo warga dunia cukup besar. 

"Ini menunjukkan bahwa kalau kita sungguh-sungguh, hasil tidak akan mengingkari usaha. Ini luar biasa, saya melihat langsung bagaimana antusiasme mereka mengikuti instruksi dari komposer, teman-teman JAF," ujar Wabup Majalengka.

Usai acara tersebut, masyarakat yang ikut dalam event Rampak Genteng menanggapi dan merasa terhibur dengan acara tersebut.

"Its good performance (pertunjukan bagus). Nice, very nice. Good, thanks," kata salah satu pengunjung yang mengaku datang dari Polandia.

Sebelumnya, Rampak Genteng sendiri telah dihelat di Museum Fridricianum Kassel, Jerman pada Selasa (21/6/2022) sekitar pukul 16.30 waktu setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES