Indonesia Positif

Realisasi Vaksin PMK di Kabupaten Probolinggo Belum Ada Kejelasan

Rabu, 22 Juni 2022 - 19:56 | 27.83k
Pengobatan hewan ternak beberapa waktu lalu oleh dinas terkait. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)
Pengobatan hewan ternak beberapa waktu lalu oleh dinas terkait. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Jumlah kebutuhan dosis vaksin PMK di Kabupaten Probolinggo, hingga saat ini masih belum ada kejelasan. Padahal, Pemkab setempat sudah mengusulkan dan belum mengetahui jumlah realisasi dosis yang akan diterimanya. Pemkab juga masih menunggu kebijakan itu.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo, Maryoto mengemukakan, dosis vaksin PMK memang sudah sampai di Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hanya saja, dari 1 juta dosis yang diusulkan, baru 1000 dosis yang terealisasi.

1000 dosis itu dibagikan pada seluruh Kota dan Kabupaten di Jatim. Sementara, pihaknya belum mengetahui berapa jumlah dosis vaksin yang akan diberikan ke Kabupaten Probolinggo.

"Sampai sekarang kami belum tahu berapa dosis yang akan diterima. Belum jelas dapat atau tidak. Kami juga masih menunggu," ungkap Maryoto, Rabu (22/6/2022).

Ia menyampaikan, jika nantinya telah didistribusikan, kemungkinan tidak akan sebanyak jumlah kebutuhan yang telah diusulkan sebelumnya. Sehingga, vaksinasi itu nantinya akan dilakukan secara bertahap.

Setelah vaksin PMK didistribusikan, kata Maryoto, pihaknya akan mendahulukan ternak yang berada di bawah pembinaan pemerintah. Kemudian, peternak besar atau ternak yang berada di bawah naungan mitra pemerintah. "Dan diutamakan pada ternak sapi perah. Karena sapi jenis ini lebih rentan terpapar virus PMK daripada sapi jenis lainnya," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES