Peristiwa Daerah

Dampak Pelaksanaan MTQ ke-37 Jabar, Okupansi Hotel di Sumedang Meningkat

Rabu, 22 Juni 2022 - 19:42 | 34.45k
Kafilah dari Kota Bogor saat menginap di Tiba Hotel Jatinangor pada MTQ ke-37 di Sumedang Jabar, Rabu (22/6/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Kafilah dari Kota Bogor saat menginap di Tiba Hotel Jatinangor pada MTQ ke-37 di Sumedang Jabar, Rabu (22/6/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Kabupaten Sumedang memberi dampak positif bagi pengusaha perhotelan, pasalnya tingkat okupansi atau keterisian hotel mencapai 100 persen.

Demikian disampaikan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sumedang, Nana Mulyana kepada wartawan di Sumedang Jabar, Rabu (22/6/2022). 

"Kami sangat mengapresiasi dengan adanya pelaksanaan MTQ ke-37 di Sumedang yang menjadi tuan rumah. Hal ini berdampak positif bagi tingkat okupansi hotel. Sebelum ada pelaksanaan MTQ, okupansi hotel di Sumedang hanya mencapai 20 persen saja. Namun, sekarang naik drastis mencapai 100 persen," terangnya.

Tidak hanya hotel saja, imbuh Nana, penginapan kecil, apartemen, sampai home stay pun ikut terisi," ujarnya. 

Sebelumnya, kata Nana, pihaknya diminta panitia untuk menyiapkan ribuan kamar bagi para tamu dan peserta MTQ ke-37 tingkat Jabar. Terlebih, puncak lonjakan pengunjung dari luar Sumedang terjadi saat pawai ta’aruf atau pembukaan MTQ ke-37 yang diperkirakan sebanyak 3500 orang lebih menginap di hotel-hotel yang ada di Sumedang.

"Peserta MTQ dari Kabupaten/Kota se-Jabar ini akan menginap selama 4 hari bahkan, ada yang sepekan sejak Jum'at (17/6/2022) sampai momentum penutupan MTQ ke-37 pada Sabtu (25/6/2022) nanti," tandasnya. 

Hal senada disampaikan pengelola Tiba Hotel Jatinangor, Deni Setiawan yang mengapresiasi pelaksanaan MTQ ke-37 di  Sumedang.  "Alhamdulillah, sebanyak 40 kamar di Tiba Hotel Jatinangor terisi semua oleh kafilah dari Kota Bogor. 

Mereka mulai cek in hotel pada Jum'at (17/6/2022) dan akan cek out hari Jum'at (24/6/2022)," terangnya.  Selain itu, imbuh Deni, sebanyak dua armada ambulance disiagakan di depan hotel selama pelaksanaan MTQ ke-37 berlangsung. 

"Insya Allah para kafilah atau peserta MTQ ke-37 yang menginap di Tiba Hotel Jatinangor dilayani dengan baik. Terlebih, berbagai fasilitas hotel yang tersedia seperti, kolam renang, sarana makan dan lainnya membuat para tamu nyaman dan betah saat berada di Tiba Hotel Jatinangor (Sumedang)," tukasnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES