Peristiwa Daerah

Ekskavasi Terakhir Candi Pataan Lamongan, Ini Target yang Diharapkan BPCB Jatim

Rabu, 22 Juni 2022 - 18:43 | 50.87k
BPCB Jatim dan Disparbud Lamongan melaksanakan ekskavasi tahap terakhir Candi Pataan di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Lamongan Jatim. (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
BPCB Jatim dan Disparbud Lamongan melaksanakan ekskavasi tahap terakhir Candi Pataan di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Lamongan Jatim. (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim) bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan kembali melanjutkan ekskavasi Candi Pataan

Tahun ini menjadi ekskavasi tahap kelima atau terakhir pada situs bersejarah yang diduga kuat sebagai peninggalan Raja Airlangga yang berada di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Lamongan, Jatim. 

Candi-Pataan-2.jpg

Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, ekskavasi terakhir ini akan mulai dilaksanakan selama 9 (sembilan) hari kedepan. 

"Ekskavasi tahap kelima sudah kita mulai. Ini sudah hari kedua. Rencananya ekskavasi berakhir tanggal 29 Juni mendatang," kata Wicak kepada TIMES Indonesia, Rabu (22/6/2022). 

Wicak mengungkapkan, target pada ekskavasi tahap kelima adalah finisihing area halaman, pagar keliling dan membuka lahan sekitar candi.  "Karena sudah di tahap akhir, kita targetkan finishing halaman dan pagar keliling. Selain itu juga membuka lahan sekitar candi," tuturnya. 

Candi-Pataan-3.jpg

Diekskavasi terakhir Candi Pataan, Wicak berharap, Pemerintah Kabupaten Lamongan (Pemkab Lamongan) mampu melestarikan dan memanfaatkan situs yang kuat sebagai peninggalan Raja Airlangga. 

"Pelestarian dan pemanfaatan Candi Pataan (Lamongan) itu dengan pembuatan zonasi, mana area inti, mana yang lengembangan, mana yang penyangga. Kemudian nanti kita melakukan studi teknis pemugaran dan konservasi," ucap Wicak, Arkeolog BPCB Jatim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES