Indonesia Positif

Antisipasi Varian BA.4 dan BA.5, BINDA DIY Percepat Vaksinasi Booster

Rabu, 22 Juni 2022 - 17:41 | 19.48k
Pelaksanaan vaksinasi Booster di Kalurahan Caturharjo Sleman. (FOTO: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Pelaksanaan vaksinasi Booster di Kalurahan Caturharjo Sleman. (FOTO: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Mengantisipasi penyebaran varian BA.4 dan BA.5, sebagai varian terbaru Covid-19, Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA DIY) menggalakan lagi vaksinasi booster. Dengan target 5.000 sasaran setiap hari untuk mencapai target 70 persen vaksinasi Booster sebelum Hari Raya Idul Adha 2022.

Meski sampai saat ini belum ditemukan kasus paparan BA.4 dan BA.5 di wilayah DIY. Namun perlu diantisipasi agar tidak kecolongan, seperti saat masuinya varian delta di Indonesia. Apalagi berdasarkan prediksi, puncak paparan varian BA.4 dan BA.5 terjadi saat hari raya Idul Adha. 

"Padahal saat ini capaian vaksinasi Booster di DIY baru 40 persen, sehingga belum terbentuk kekebalan komunal," jelas Wakil Koodinator vaksinasi BINDA DIY wilayah Sleman Aris Daryono, disela - sela vaksinasi di aula Kakurahan Caturharjo Sleman, Rabu (22/6/2022). 

Pelaksanaan vaksinasi booster di aula Kalurahan Caturharjo Sleman, merupakan bagian dari target 5.000 sasaran setiap hari dengan sasaran masyarakat dan buruh pabrik yang berjumlah 500. Hingga pukul 10 jumlah sasaran sudah mencapai 250. Sehingga optimis target akan tercapai.

Ditemui di lokasi yang sama, Lurah Caturharjo Agus Sutanto memastikan, tingkat kesdaaran warganya untuk mengikuti vaksinasi cukup tinggi. Kondisi ini antara lain dilatarbelakangi tingginya kasus Covid-19 di wilayah Caturharjo yang tinggi pada awal Pandemi sehingga masyarakat menjadikanya sebagai pelajaran.

Tidak mengherankan bila warga selalu antusias mengikuti program vaksinasi. Sejak dosis kesatu, kedua hingga booster. Seperti Kariyo (70) warga angkruk salah satu peserta vaksinasi. Sebagai pengurus masjid dirinya merasa perlu untuk memperoleh vaksinasi lengkap. Selain masuk kategori usia rebtan dirinya sering berinteraksi dengan banyak orang.

Kapolsek Sleman Kompol Supardi menjelaskan, vaksinasi booster digelar dalam rangka peringatan hari Bhayangkara ke -76. Selain di Kalurahan Caturharjo, vaksinasi secara rutin juga digelar di pusat perbelanjaan. Untuk meningkatkan kesadaran warga untuk mengikuti vaksinasi. jajaran polsek memanfatkan fungsi bhabinkamtibmas dalam sosialisasi. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES