Peristiwa Nasional

Pos Ramil 1601-06 Karera di Tiga Pulau Terluar Sumba Sebagai Pagar NKRI

Rabu, 22 Juni 2022 - 16:11 | 37.71k
Pos Ramil 1601-06 Karera yang berada ditiga pulau terluar pulau Sumba NTT. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Pos Ramil 1601-06 Karera yang berada ditiga pulau terluar pulau Sumba NTT. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA – Semangat Pembinaan Teritorial (Binter) wilayah Kodim 1601 Sumba Timur khususnya Koramil 06/Karera yang wilayahnya berada di tiga pulau terluar pulau Sumba NTT adalah pagar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Keberadaan Pos Ramil 06- di Pulau Salura memberikan rasa aman dalam kehidupan bermasyarakat di tiga pulau kecil terluar (pagar NKRI) karena wilayahnya berada di Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur.

Di antaranya ada Pulau Salura atau Prai Salura berpenghuni 1 Desa dengan jumlah penduduk 659 jiwa 410 KK, Pulau Mangkudu tak berpenghuni dan Pulau Kotak juga tak berpenghuni.

Hal itu dikatakan Kabid Jamin Mutu Internal LPM Akmil Letkol Czi. Dr. Dwi Joko Sisanto, S.E, M.I, Pol ketika dikonfirmasi Rabu (22/6/2022)

"Keberadaan Pos Ramil 06/Krr adalah sarana Binter yang dilakukan Danramil, Babinsa dan Personil Ramil 06/Krr dalam bertindak baik secara berdiri sendiri maupun bersama dengan aparat terkait dan komponen bangsa lainnya," kata Letkol Dwi Joko yang juga mantan Dandim 1601 Sumba Timur periode 2020-2021

Ia  mengatakan, untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan kekuatan pertahanan aspek darat yang meliputi wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya serta terwujudnya kemanunggalan TNI dan Rakyat dilaksanakan sesuai kewenangan dan peraturan perundang-undangan dalam tercapainya tugas pokok TNI-AD.

Sementara Lettu Inf. Christian N.A selaku Danramil 1601-06/Karera menyampaikan, keberadaan Pos Ramil di Karera salah satu wilayah pertahanan di Pulau terluar NKRI yang berada di pulau Sumba tentu Babinsa dan personil yang berada di Pos Ramil Pulau Salura masih mengalami keterbatasan.

Ia menyebut, dengan semangat dan petunjuk arahan Danramil para Babinsa yang memiliki 5 kemampuan Teritorial mampu bersama warga masyarakat menciptakan suasana aman dan kondusif dalam beraktifitas sehari-hari warga sebagai nelayan.

"Jadi untuk mewujudkan hal itu tentu masih ada anggaran Dukops Babinsa maka gunakan semaksimal mungkin untuk anggota Pos Ramil di Pulau Salura serta manfaatkan kearifan lokal dengan potensi kelautan yang kaya hasil lautnya," ujar candanya.

Lettu Inf. Christian menambahkan, untuk tunjangan anggaran pulau terluar bagi personil Koramil 06/Karera dari Komando masih diwacanakan untuk diusulkan meskipun aparat Polsek Karera sudah lama menerima dan mendapatkan dari pemerintah.

"Kita berharap kinerja Babinsa dengan tugas pokoknya tidak menyurut semangan dan perjuangan, mari bersama rakyat TNI selalu berjuang," tandas Danramil 1601-06/Karera Kodim 1601 Sumba Timur Lettu Inf. Chritian N.A   (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES