Kesehatan

Selama Pandemi Covid-19, Angka Stunting di Majalengka Menurun

Rabu, 22 Juni 2022 - 15:46 | 50.63k
Sekretaris Dinkes Majalengka, H. Agus Susanto. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)
Sekretaris Dinkes Majalengka, H. Agus Susanto. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mengklaim angka stunting menurun selama selama pandemi Covid-19

Sekretaris Dinkes Majalengka, H. Agus Susanto mengatakan saat ini dinas kesehatan Majalengka tengah fokus untuk terus menurunkan angka stunting di Majalengka.

"Selama pandemi Covid-19 angka stunti‎ng di kita itu terus menurun. Karena disamping imunisasi vaksin covid-19, tim kita juga terus menangani stunting," ungkapnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (22/6/2022). 

Agus menambahkan, ‎awal pandemi yakni tahun 2020 lalu, penanganan stunting tetap menjadi prioritas bersama penangnan penyakit lainnya yang dinilai rentan terhadap yang menyebabkan kematian.

"Khusus stunting, penanganannya masih ada intervensi meski pandemi, pemberian vitamin pada balita, pemenuhan akses sanitasi dari kesling," ujarnya. 

Agus menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan pemberian tablet tambah darah, untuk usia sekolah dan remaja terutama kalangan calon pengantin. 

"Upaya preventif terus dilakukan. Sebagai catatan, selama satu tahun untuk periode 2020-2021 dari data awal sebanyak 4382 kasus stunting kini menjadi 2932 kasus stunting," ungkapnya. 

Dengan kata lain, masih kata Agus menuturkan, ‎penurunan angka stunting ini berkat dukungan dari Pemkab Majalengka, terutama oleh Bupati Majalengka. 

"Kita, Dinkes dibantu oleh para stakeholder lainnya, sehingga angka stunting menurun. Jadi ini hasil kerjasama kita semua," ucap Sekdis Dinkes Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES