Pendidikan

Cetak Generasi Qur'ani, Ini Cara MIN 15 Magetan

Rabu, 22 Juni 2022 - 13:02 | 118.46k
Rangkaian acara khotmul qur'an dan imitihan metode UMMI yang berlangsung di MIN 15 Magetan, Rabu (22/6/2022). (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Rangkaian acara khotmul qur'an dan imitihan metode UMMI yang berlangsung di MIN 15 Magetan, Rabu (22/6/2022). (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Lantunan ayat suci Alquran terdengar menggema di MIN 15 Magetan pada Rabu (22/6/2022) pagi.

Para siswa-siswi di sekolah tersebut tampak khusyuk dan tartil membaca Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

khotmul-quran-dan-imitihan-metode-UMMI-2.jpg

Mereka adalah murid yang telah dinyatakan lulus ujian munaqosyah oleh UMMI Foundation Magetan. Dan kemudian mengikuti prosesi wisuda kelulusan bertajuk khotmul quran dan imitihan metode UMMI. Program membaca metode UMMI sendiri merupakan upaya MIN 15 Magetan mencetak generasi qur'ani, berilmu dan berakhlak mulia.

Tak hanya melantunkan ayat Alquran, kebolehan dan kepiawaian peserta wisuda juga diuji oleh tamu undangan yang hadir. Yakni, mulai diberi pertanyaan seputar tajwid hingga bacaan gharib atau bacaan yang tidak biasa di dalam Alquran. Seluruhnya berhasil menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar.

khotmul-quran-dan-imitihan-metode-UMMI-3.jpg

"Ini bisa menjadi tabungan di dunia dan akherat. Semoga anak-anak kita bisa mengamalkannya. Jangan berpuas diri dengan apa yang sudah dicapai, ini baru permulaan," tutur Kepala MIN 15 Magetan, Ramelan.

Di sisi lain, adanya program unggulan MIN 15 berupa membaca Al-qur'an dengan metode UMMI disambut hangat wali murid. Seperti yang diungkapkan Edy Cahyono, salah satu wali murid kelas 6 yang putranya turut dinyatakan lulus ujian dan mengikuti prosesi wisuda.

"Penampilan luar biasa sudah disuguhkan kepada kami. Ini bibit unggul yang luar biasa, jangan sampai ilmu ini berhenti setelah lulus dari sini. Mudah-mudahan Allah meridhoi," ucap wali murid MIN 15 Magetan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES