Pendidikan

Kurikulum Learning X untuk Bentuk Lulusan SMK Siap Terjun di Era Digital

Selasa, 21 Juni 2022 - 23:17 | 107.50k
Pakar Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto saat menjelaskan mengenai Learning X. (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
Pakar Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto saat menjelaskan mengenai Learning X. (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPoliteknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar kegiatan Workshop Learning X dengan menargetkan kepada para talenta di bidang digital untuk menggunakan platform Learning X.

Platform Learning X tersebut digunakan untuk memudahkan pembelajaran anak-anak SMK untuk pengembangan riset dan teknologi di masa depan.

Dengan mengadaptasi sistem pembelajaran ini PENS melakukan kolaborasi dengan Learning X dan guru SMK bertujuan dapat mengasah kemampuan para siswa dalam adaptasi perkembangan teknologi.

menjelaskan-mengenai-Learning-X-2.jpg

Pakar Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto menjelaskan, keberhasilan dari platform Learning X mencapai 85 persen sebagai media pembelajaran efektif bagi siswa yang ingin belajar koding.

‘’Kurikulum Merdeka disatukan dengan Kurikulum Learning X itu benar-benar suatu penyelesaian kurikulum berbasis industri yang sudah terbukti terstandart di Korea sudah sukses,‘’ tuturnya pada saat acara Workshop Learning X pada Selasa, (21/6/2022).

Sebagai platform yang dinilai komprehensif, Learning X juga telah berhasil mengantarkan kerja sama industri hingga tingkat internasional.

Learning X merupakan salah satu hasil pengembangan riset PENS yang berkolaborasi dengan berbagai industri untuk mengembangkan aplikasi yang membantu mendukung pendidikan secara daring.

Wikan juga menyampaikan mengenai kurikulum Learning X sangat menerapkan project base learning.

menjelaskan-mengenai-Learning-X-3.jpg

‘’Jadi disediakan Learning X instruktur, praktisi dari industri yang sudah terkualifikasi tinggi untuk ikut mengajar siswa dan guru-gurunya,’’ paparnya.

Wikan juga menjelaskan menariknya dari Learning X adalah sudah menciptakan ekosistem jejaring dengan banyak industri-industri baik dari Korea dan Indonesia.

‘’Ikut membantu mencari tempat magang, ikut membantu untuk penyerapan lulusan, bisa aja lulusan SMK bekerja di industri-industri Korea,’’ jelasnya.

‘’Jadi kami optimis, kami tawarkan Learning X ini menjadi sebuah jawaban solusi yang memudahkan para kepala SMK untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan Link and match dengan sekomprehensif,’’ tambah Pakar Pendidikan Vokasi ini.

Acara Workshop Learning X tersebut dihadiri oleh 250 peserta undangan guru SMK se-Jawa Timur mulai dari Surabaya hingga Malang, kegiatan tersebut dilaksanakan di Lantai 6 Gedung Pascasarjana PENS Surabaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES