Politik

Kerja Sama dengan Gerindra dan PKB, PDIP: Membangun Indonesia Tidak Bisa Sendirian

Selasa, 21 Juni 2022 - 22:37 | 33.02k
Ketua DPP PDIP Puan Maharani bersama Presiden Joko Widodo dalam Rakernas II PDIP - (FOTO: dok PDIP)
Ketua DPP PDIP Puan Maharani bersama Presiden Joko Widodo dalam Rakernas II PDIP - (FOTO: dok PDIP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani merespons pertanyaan soal peluang partainya bekerja sama politik dengan partai politik lain. Salah satunya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra yang tengah menjajaki kemungkinan bekerja sama di Pemilu 2024. 

Menurutnya, PDIP tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan dua partai tersebut dalam Pemilu 2024. Apalagi, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menegaskan bahwa partai berlambang banteng moncong putih tidak bisa sendirian dalam membangun Indonesia. 

"Ya, mungkin saja. Ibu Ketum tadi mengatakan membangun Indonesia tidak bisa sendirian, harus gotong royong," kata Puan kepada wartawan di sela-sela acara Rakernas II PDIP, di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta, Selasa 21 Juni 2022.

Puan yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal membangun Indonesia. Dimana, Presiden Jokowi menyatakan bahwa membangun Indonesia harus saling bahu membahu di antara semua pihak, termasuk antar partai politik. 

"Presiden juga menyatakan seperti itu, harus bisa bantu-membantu membangun Indonesia," ucapnya.

Di sisi lain, Puan Maharani mengatakan pembukaan Rakernas II Tahun 2021 oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri berlangsung dalam suasana kekeluargaan. Rakernas ini disampaikan merupakan rapat PDIP pertama yang dihadiri Ketum Megawati di masa pandemi Covid-19. 

"Jadi, memang suasana itu sangat kekeluargaan dan tadi sebelum acara dimulai sempat bicara santai dan informal di ruang Ibu Ketum yang memang tidak di-setting," katanya.

Pihaknya juga bersyukur gelaran rakernas tahun 2022 kali ini berjalan dengan baik. Di ajang itu, Ketum Megawati menginstruksikan kepada jajarannya untuk solid menghadapi Pemilu 2024. 

"Jadi, alhamdulillah sudah dibuka oleh Presiden Jokowi dan tentu saja tadi dalam arahan ketua umum menyampaikan partai harus solid," kata Puan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES