Politik

Alasan Megawati Suka Teriakkan Kata 'Merdeka' Terungkap di Rakernas II PDI Perjuangan

Selasa, 21 Juni 2022 - 14:51 | 47.98k
Megawati Soekarnoputri di pembukaan Rakernas II PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Megawati Soekarnoputri di pembukaan Rakernas II PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berulangkali menggemakan kata 'merdeka' sebelum memberikan pidato politik untuk membuka Rakernas II PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Menurut Megawati, kata 'merdeka' memiliki makna yang sangat kuat sekaligus mengingatkan betapa besarnya perjuangan para pahlawan dalam memerdekan Indonesia. 

Awalnya, Presiden ke-5 RI itu menyampaikan rakernas yang dilaksanakan hari ini sempat tertunda. "Bapak Presiden Ir. Joko Widodo, kader PDIP, para menteri yang hadir, lalu juga dari kepala BIN, dan anak-anakku yang saya sayangi dan hormati," ucapnya mengawali sambutan.

"Dan para hadirin yang mengikuti acara pembukaan Rakernas PDIP, yang sebenarnya ini adalah Rakernas untuk tahun 2021, tetapi karena kita mengetahui bahwa akibat pandemi, maka saya undur baru dapat dilakukan di 2022 ini. Merdeka, merdeka, merdeka," imbuh Megawati. 

Megawati lalu menyampaikan kepada Presiden RI Jokowi bahwa, Senin, 20 Juni, kemarin dirinya diundang untuk memberikan pembekalan mental bagi perwira dan prajurit TNI AL. Kata Merdeka ini juga dia gemakan dalam acara itu. 

"Supaya Bapak Presiden tahu, yang masih disebut PDI Perjuangan ketika saya teriak 'merdeka', media itu dan banyak orang seperti mencemoohkan saya. Sudah merdeka, kok, terus teriak 'merdeka'. Jadi saya bilang, ya, itu maunya saya," jelas Megawati.

"Jadi, waktu saya bilang izinkan, tentu dengan Kasal, kalau saya mengucapkan 'merdeka' tolong dijawab 'merdeka'. Jadi, pada bingung sendiri kelihatannya. Karena, kan, bosnya Kasal. Jadi, waktu saya teriak 'merdeka', hanya berapa orang. Saya bilang kurang," kata Megawati sambil tertawa. 

Megawati mengingatkan, kata 'merdeka'lah yang membuat Indonesia ini bebas dari belenggu penjajahan. Karena kata 'merdeka' itu, maka lahir para tentara.

Di menerangkan di penghujung acara, akhirnya kata 'merdeka' itu diteriakkan oleh para prajurit TNI AL. "Setelah saya mengucapkan terima makasih, lalu salam, begitu saya angkat tangan semua langsung, 'merdeka, merdeka, merdeka," demikian Megawati Soekarnoputri, Ketum PDI Perjungaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES