Peristiwa Nasional

Jemaah Terjatuh Naik Eskalator di Masjidil Haram, P3JH: Hati-hati Saat Naik Eskalator

Selasa, 21 Juni 2022 - 14:20 | 82.63k
Seorang jemaah yang terjatuh dari eskalator di Masjidil Haram, Makkah, sedang ditangani oleh petugas haji. (FOTO: MCH 2022/TIMES Indonesia)
Seorang jemaah yang terjatuh dari eskalator di Masjidil Haram, Makkah, sedang ditangani oleh petugas haji. (FOTO: MCH 2022/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Jemaah calon haji Indonesia (JCH Indonesia) diimbau untuk hati-hati dan waspada saat naik eskalator yang ada di Masjidil Haram. Harus menjaga keseimbangan dengan menapakkan kaki dan memegang handrail dengan benar, serta hindari turun dan naik eskalator secara bergerombol.

Imbauan tersebut disampaikan dr Rizal dari tim Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH), Selasa (21/6/2022), yang bertugas di sektor Masjidil Haram, Makkah.

Dokter Rizal menceritakan, bahwa ada dua jemaah yang terjatuh dari eskalator dan keduanya sama-sama mengalami patah tulang. Kejadian itu terjadi pada Minggu (19/6/2022).

Dua jemaah tersebut berasal dari Embarkasi Surabaya (SUB 2) dan Embarkasi Pondok Gede Jakarta (JKG 9). Keduanya mengalami patah tulang pada tempurung lutut dan pergelangan tangan.

Tak lama setelah kejadian, tim dari P3JH langsung bergerak cepat melakukan pertolongan pertama. "Kejadian tersebut sebenarnya menimpa beberapa orang, namun korban lain hanya mengalami luka-luka ringan," katanya.

JCH-Indonesia-5.jpg

Dokter Rizal mengatakan, saat ada yang terjatuh di eskalator, di belakang dua jemaah yang terjatuh ada jemaah lainnya. Akhirnya juga ikut terseret jatuh. "Alhamdulillah yang lain hanya luka ringan," katanya.

Dua jamaah tersebut, langsung dirujuk ke RS terdekat sebelum akhirnya dipindah ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. Dokter Rizal adalah petugas yang pertama memberikan pertolongan dan saat itu ada dilokasi kejadian.

Dokter Rizal, mewakili Tim P3JH, kejadian serupa bisa saja kembali terjadi, jika jemaah tidak waspada dan berhati-hati saat menaiki eskalator yang tersebar di lingkungan Masjidil Haram.

Lebih lanjut, dokter Rizal menyampaikan, bahwa potensi risiko kesehatan, bisa meningkat seiring kebijakan otoritas Masjidil Haram yang hanya mengizinkan jemaah haji yang sedang umrah saja yang bisa memasuki lantai dasar Masjidil Haram. Sedangkan jamaah haji yang ingin melakukan shalat fardu maupun tawaf sunnah akan diarahkan masuk di lantai dua.

Dari itu, untuk menghindari kejadian serupa, pihaknya mengimbau pada seluruh jemaah yang ada di Makkah, untuk selalu berhati-hati dan waspada saat menaiki eskalator. 

"Harus menjaga keseimbangan dengan menapakkan kaki dan memegang handrail dengan benar, serta hindari turun dan naik eskalator secara bergerombol," harapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES