Peristiwa Nasional

Mahasiswa UI Tuntut Penyelesaian RKUHP

Selasa, 21 Juni 2022 - 10:23 | 30.98k
Mahasiswa menyampaikan aspirasi terkait persoalan RKUHP (FOTO: Dokumen/Media Indonesia)
Mahasiswa menyampaikan aspirasi terkait persoalan RKUHP (FOTO: Dokumen/Media Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aliansi Nasional RKUHP dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI), akan memberikan kado spesial kepada Presiden Jokowi.

Anggota Aliansi Nasional RKUHP Melki Sedek Huang mengatakan, kado spesial itu bertepatan dengan hari ulang tahun Presiden Jokowi yang ke 61 yang jatuh pada 21 juni hari ini.

Kado itu berupa aksi terkait persoalan RKUHP (Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana) yang hingga saat ini dinilai tidak transparan. "Jadi bertepatan di ulang tahun Pak Jokowi hari ini kita ingin kasih kado ya. Jadi kadonya adalah kita merayakan ulang tahun Pak Jokowi dengan melaksanakan aksi," kata Melki di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Melki mengatakan selama ini pemerintahan Presiden Jokowi dan DPR menutup-nutupi draft RKUHP. Karena itu pihaknya akan mendesak pemerintah membuka rancangan KUHP itu ke publik.

Aksi akan digelar secara simbolik di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat sekitar pukul 14.00 WIB. Unjuk rasa akan diikuti banyak elemen masyarakat. Melki mengaku pihaknya telah melayangkan pemberitahuan ke Polda Metro Jaya kemarin.

Sementara itu, draft RKUHP selalu menjadi sorotan banyak pihak. Sejumlah kelompok masyarakat mulai dari mahasiswa hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM) mendesak pemerintah segera membuka draft RKUHP tersebut.

Salah satu organisasi pelajar, Blok Politik Pelajar menyatakan akan berunjuk rasa awal Juli mendatang. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan keadilan bagi masyarakat yang sangat terdampak dari RKUHP tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES