Politik

Pimpin Demokrat Kota Probolinggo, Heru Estiadi Target Dapat 3 Kursi DPRD

Selasa, 21 Juni 2022 - 10:15 | 66.47k
Heru Estiadi Nahkodai Partai Demokrat Kota Probolinggo (FOTO : Sri Wahyuningsih For TIMES Indonesia)
Heru Estiadi Nahkodai Partai Demokrat Kota Probolinggo (FOTO : Sri Wahyuningsih For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Muscab DPC Partai Demokrat Kota Probolinggo, Jatim, menetapkan Heru Estiadi sebagai ketua untuk periode lima tahun ke depan. Sebagai nakhoda baru, Heru menargetkan memperoleh minimal 3 kursi DPRD dalam Pileg 2024

Kini, partai berlambang mercy itu memiliki 2 kursi di DPRD Kota Probolinggo, hasil Pileg 2019. Dua kursi itu diisi Heru Estiadi, dan Sri Wahyuningsih. 

Pada Pileg 2014, Demokrat Kota Probolinggo juga memperoleh 2 kursi, sehingga harus bergabung dengan parpol lain untuk membentuk fraksi di DPRD setempat. 

Muscab-DPC-Partai-Demokrat-Kota-Probolinggo.jpgMuscab DPC Partai Demokrat Kota Probolinggo, diselenggarakan secara serentak bersama 22 DPC di Jawa Timur (FOTO : Sri Wahyuningsih For TIMES Indonesia)

"Manaikkan suara Partai Demokrat, keterwakilan di DPRD dari dua (kursi) menjadi tiga (kursi), minimal," kata Heru kepada TIMES Indonesia perihal target di Pileg 2024. 

Dengan demikian, Demokrat bisa membentuk fraksi secara mandiri di DPRD Kota Probolinggo yang memiliki kuota 30 kursi anggota. 

Untuk mencapai target tersebut, pengurus Demokrat akan turun langsung menyapa masyarakat. "Seperti slogan DPP, berkoalisi dengan rakyat," kata Heru. 

Heru-Estiadi-bersama-Sri-Wahyuningsih.jpgHeru Estiadi bersama Sri Wahyuningsih, anggota DPRD Kota Probolinggo dari Partai Demokrat (FOTO : Sri Wahyuningsih For TIMES Indonesia)

Stagnan dalam Dua Pileg Terakhir 

Dalam catatan TIMES Indonesia, perolehan kursi Partai Demokrat di Kota Probolinggo di DPRD setempat stagnan dalam dua Pileg terakhir. 

Pada Pileg 2014, Demokrat memperoleh 2 kursi. Dalam Pileg 2019, kursi Demokrat tak ikut terdongkrak naik, meski memenangi Pilwali Probolinggo pada 2018, berkoalisi dengan PKB dan PKS. 

Koalisi tiga partai itu, mengusung pasangan Habib Hadi Zainal Abidin dan Mochammad Soufis Subri. Kala itu, Hadi menjabat Ketua DPC PKB. Sementara Subri menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Kota Probolinggo. 

Diketahui, Muscab DPC Partai Demokrat Kota Probolinggo digelar di Hotel Shangrila, Surabaya, Senin (20/6/2022) bersama dengan Muscab 22 DPC di Jawa Timur. 

Dalam forum itu, Heru Estiadi merupakan calon tunggal dan didukung oleh empat dari lima DPAC Partai Demokrat di Kota Probolinggo. Satu DPAC tak ikut Muscab karena mundur. 

Pasca Muscab, Heru Estiadi akan menjalani tahap fit and proper test, sebelum ditetapkan sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kota Probolinggo. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES