Olahraga

Liga Santri Piala Kasad 2022 Bergulir, Danrem 071 Wijayakusuma Kick Off di Cilacap

Senin, 20 Juni 2022 - 23:40 | 50.57k
Liga Santri digagas KSAD untuk menjaring bibit-bibit pesepakbola muda terutama dari kalangan santri. (FOTO: Penrem 071 Wijayakusuma for TIMES Indonesia)
Liga Santri digagas KSAD untuk menjaring bibit-bibit pesepakbola muda terutama dari kalangan santri. (FOTO: Penrem 071 Wijayakusuma for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Gelaran Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 bergulir. Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga melakukan kick off atau menendang bola pertama di wilayah Kodim 0703 Cilacap, Senin (20/6/2022) di Lapangan Sepakbola Jati Persada, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap.

Liga Santri Piala KSAD Tahun 2022 digulirkan secara serentak di seluruh wilayah tanah air, diawali kick off oleh KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Untuk jajaran Korem 071 Wijayakusuma, kick off Liga Santri juga dilaksanakan serentak oleh 9 Kodim jajaran Korem dengan peserta 37 kesebelasan.

Liga-Santri-digagas-KSAD-2.jpg

Dari keseluruhan kick off Liga Santri Kodim jajaran Korem, Kodim 0701 Banyumas diikuti 3 kesebelasan, Kodim 0702 Purbalingga 3 kesebelasan, Kodim 0703 Cilacap 3 kesebelasan, Kodim 0704 Banjarnegara 7 kesebelasan, Kodim 0710 Pekalongan Kota 2 kesebelasan, Kabupaten Pekalongan 4 kesebelasan, Kodim 0711 Pemalang 4 kesebelasan, Kodim 0712 Tegal Kota 3 kesebelasan, Kabupaten Tegal 3 kesebelasan, Kodim 0713 Brebes 3 kesebelasan, dan Kodim 0736 Batang 3 kesebelasan.

Kick off mengawali pertandingan Liga Santri khususnya di wilayah Kodim 0703 Cilacap, dipertandingkan antara kesebelasan Pondok Pesantren Metal Tobat Kecamatan Gandrungmangu melawan kesebelasan Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kecamatan Kesugihan, Cilacap.

Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga mengatakan, Liga Santri Kodim 0703 Cilacap diikuti 3 kesebelasan yaitu Ponpes Al Ihya Ulumaddin dari Kecamatan Kesugihan, Ponpes Metal Tobat dari Kecamatan Gandrungmangu, dan Ponpes Al Hikmah, Kecamatan Kawunganten.

Liga-Santri-digagas-KSAD-3.jpg

"Dari kebelasan-kesebelasan ini, akan kita seleksi dengan sistem setengah kompetisi. Pelaksanaannya mulai hari ini, tanggal 20 Juni 2022. Dan apabila juara di tingkat Kodim, mereka akan mengikuti kompetisi di tingkat Korem, dan selanjutnya di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Di tingkat Korem akan dilaksanakan sistem setengah kompetisi, dengan peserta pemenang dari tingkat Kodim yang dilaksanakan pada Agustus hingga September 2022," paparnya.

Setelah mereka melaksanakan seleksi dengan sistem setengah kompetisi baik di tingkat Korem maupun tingkat Provinsi, tim yang terbaik akan dikirim ke Jakarta pada September hingga Oktober 2022 untuk mengikuti seleksi tingkat nasional.

Dikatakan, pelaksanaan seleksi tingkat nasional akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno, yang akan dihadiri Presiden RI dan Menteri Pemuda dan Olahraga, didampingi KSAD.

Menurut Danrem, tujuan dilaksanakannya Liga Santri yang digagas KSAD untuk menjaring bibit-bibit pesepakbola muda terutama dari kalangan santri dan memberikan kesempatan para santri untuk berkiprah membangun sepakbola nasional, karena selama ini yang mengikuti pertandingan di tingkat nasional dari umum dan kurang tersentuh.

Danrem berharap, dengan adanya Liga Santri ini membuka peluang bagi seluruh pemuda Indonesia yang berasal dari pesantren untuk mengikuti kejuaraan sepakbola.

"Program sepakbola Liga Santri ini selaras dengan program KSAD, yakni agar para santri bisa memberikan kontribusi untuk menjadi prajurit TNI AD. Jadi secara fisik, Liga Santri dan secara rekrutmen sudah dibuka pendidikan Bintara/Tamtama jalur khusus santri dan lintas agama pada Mei 2022," terangnya.

Liga Santri sementara digelar di Tahun 2022. Untuk selanjutnya melihat perkembangan dari Liga Santri di PS AD dan PSSI. Hal ini karena kompetisi Liga Santri Piala Kasad ini tidak lepas dari peran PSSI dalam rangka mencari bibit-bibit pesepakbola nasional di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES