Gaya Hidup

Cara Membuat Wedang Uwuh, Minuman Berkhasiat ala Dr Rianti Maharani

Selasa, 21 Juni 2022 - 05:23 | 89.03k
Wedang Uwuh ala dr Rianti Maharani ini menjadi minuman berkhasiat bagi kesehatan yang mudah dibuat di rumah. (Foto: dok Dr Rianti Maharani)
Wedang Uwuh ala dr Rianti Maharani ini menjadi minuman berkhasiat bagi kesehatan yang mudah dibuat di rumah. (Foto: dok Dr Rianti Maharani)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Dokter herbal cantik Rianti Maharani ini selalu punya cara untuk membuat ramuan yang maknyos bagi stamina dan kesehatan. Kali ini dr Rianti Maharani membagikan resep Wedang Uwuh yang bermanfaat untuk pembaca TIMES Indonesia.

Wedang Uwuh berasal dari bahasa Jawa yang mengandung dua arti. Wedang yaitu minuman dan Uwuh artinya sampah. Jika digabungkan maka menjadi minuman sampah.

Eits, tunggu dulu Herbal Lovers. Bukan sampah daur ulang yang akan dijadikan bahan minuman berkhasiat kali ini.

Untuk membuat wedang uwuh ini, kita bisa menggunakan 8 bahan dapur yaitu 3 batang kayu manis kecil, 3 batang serai, 5 buah cengkeh, segenggam kayu secang, 1 ruas jahe, 5 buah kapulaga, 1 liter air dan gula batu secukupnya.

"Ini bisa dipraktekkan sendiri dirumah karena selain bahannya mudah didapat, caranya juga praktis," kata dr Rianti kepada TIMES Indonesia, Senin (20/6/2022).

Adapun cara pembuatannya, pertama yaitu bakar jahe lalu digeprek pipih dan masukan kedalam rebusan air yang telah mendidih sampai keluar sarinya.

Setelah itu, masukan sisa bahan lainnya dan rebus hingga mendidih sekitar 15 menit dan warnanya berubah merah. Jika sudah berwarna merah, segera angkat dan tuangkan ke dalam gelas.

"Selanjutnya, wedang uwuh dapat disajikan dengan atau tanpa disaring," ujar dokter yang membuka kafe Backyard di Lingkungan Sukarame Kota Banjar ini.

Nah, bagi yang penasaran apa saja khasiat dari wedang uwuh ini, dr Rianti menjelaskan beberapa manfaatnya yakni meringankan batuk, menyembuhkan pegel linu, masuk angin dan perut kembung, menyegarkan badan, menjaga daya tahan tubuh serta melegakan tenggorokan.

"Tentunya minuman (Wedang Uwuh) ini sangat banyak manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh kita," jelasnya dr Rianti Maharani. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES