Politik

Gerindra Jatim Sambut Koalisi Bersama PKB Menuju 2024

Senin, 20 Juni 2022 - 22:56 | 31.76k
Jajaran Pengurus DPD Gerindra Jatim. (Foto : Dok.Gerindra)
Jajaran Pengurus DPD Gerindra Jatim. (Foto : Dok.Gerindra)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad menyambut positif jalinan koalisi bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) jelang Pemilu 2024.

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya antara PKB-Partai Gerindra disebut terbentuk setelah Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengunjungi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sabtu (18/6/2022) malam lalu.

Prabowo mengatakan Pemilu Serentak 2024 menjadi agenda yang sangat penting bagi parpol. Menurut Prabowo, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya membuka peluang bagi partai lain untuk bergabung.

Meski, koalisi yang saat ini baru terdiri atas dua partai tersebut bisa mengusung capres/cawapres sendiri lantaran kedua partai tersebut telah mencapai 20 persen sebagai ambang batas presidential threshold.

"Komunikasi antara Gerindra dan PKB berjalan dengan intensif dan juga dengan partai-partai lain, tapi alhamdulillah kita sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan," ujar Prabowo.

Gerindra-Jatim-a.jpg

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan, secara garis besar kedua partai ingin bekerja sama untuk menghadapi Pilpres, Pileg dan Pilkada 2024.

Mereka menilai, kerja sama dan bangunan koalisi tersebut layak dan pantas, serta potensial dalam kalkulasi politik.

Menanggapi koalisi tersebut, Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad mengatakan, bagi pihaknya, kerja sama tersebut bisa mengawinkan dua entitas yang mencakup banyak hal.

"Saya melihat pertemuan Gerindra dan PKB sebagai hal yang positif, sebagai perkawinan dari dua entitas politik yang mewakili banyak hal, misalnya kelompok nasionalis-agama, militer-sipil dan lainnya," kata Anwar Sadad, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, pembentukan koalisi tersebut layak. Demikian pula dalam kalkulasi politik hal itu dinilai juga sangat mungkin. Apalagi, PKB termasuk partai yang memiliki basis dukungan kuat di Pulau Jawa.

"Kita juga tahu bahwa pemilih di Jawa jumlahnya 60 persen dari total pemilih secara nasional," jelas Wakil Ketua DPRD Jawa Timur tersebut.

Di sisi lain, Anwar Sadad menilai, respons publik terhadap pertemuan tersebut sangat tinggi. Setidaknya, hal itu menunjukkan adanya antusiasme publik.

Momentum ini, lanjut Sadad, sebaiknya juga dilihat secara seksama seiring berjalannya waktu dan mengalami proses pematangan secara alamiah.

"Gerindra Jatim berdiri tegak lurus mengikuti komando Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina, Prabowo Subianto," tegas Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES