Politik

Rakernas II PDI Perjuangan Digelar Sederhana, Ini Alasannya

Senin, 20 Juni 2022 - 18:40 | 30.63k
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Acara Rakernas II PDI Perjuangan diselenggarakan dengan sederhana di fasilitas milik partai, yakni di Gedung Sekolah Partai, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. 

Mengusung tema 'Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat". Dengan sub tema "Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara', Rakernas II PDI Perjuangan akan digelar selama tiga hari, mulai 21-23 Juni 2022.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Rakernas akan dibuka langsung oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Adapun Presiden Joko Widodo dijadwalkan menyampaikan sambutan di acara tersebut.

"Tempat sengaja dipilih di Sekolah Partai karena hanya melalui kaderisasi Partailah calon pemimpin itu digembleng sebelum mendapat penugasan di lapangan,” jelasnya, Senin (20/6/2022).

Pelaksanaannya pun masih menggunakan metode hybrid. Jadi perwakilan pengurus utama yang hadir di Jakarta, hanya ketua, sekretaris dan bendahara DPD partai. "Sementara pengurus daerah lainnya di setiap tingkatan, dapat mengikuti secara daring pada saat pembukaan dan penutupan Rakernas," ucap Hasto.

Sebelum Rakernas berlangsung, tekah dilakukan secara berjenjang dari bawah Rakercab dan Rakerda Partai sehingga program pemenangan Pemilu yang dibahas benar-benar mengakar dan sebagai jawaban atas berbagai persoalan rakyat di akar rumput.

"Sebagian besar acara bersifat tertutup, mengingat yang dibahas adalah hal-hal strategis terkait masa depan bangsa. Dengan demikian diperlukan suasana hening dan kontemplatif," tuturnya.

Para peserta yang hadir secara fisik akan tiba di lokasi mulai hari ini, 20 Juni 2022 untuk proses registrasi. “Malam hari nanti akan digelar Tahlil dan Gema Sholawat Cinta Tanah Air, Haul Bung Karno 2022 di Masjid At-Taufiq," beber Hasto.

Saat Rakernas ini diselenggarakan, DPP PDI Perjungan membagi undangan dan peserta yang hadir menjadi tiga kelompok. Aula Utama lantai dua Sekolah Partai akan diisi Presiden Jokowi, Fungsionaris DPP, ketua dan sekretaris DPD se-Indonesia, serta gubernur serta menteri kader partai. Total akan ada 98 orang di ruangan tersebut.

Kelompok kedua di ruang kelas II lantai satu diisi Bendahara DPD Partai se-Indonesia dengan jumlah 34 peserta. Kelompok ketiga ruang kelas I lantai satu yang diisi Pimpinan Fraksi, Komisi, dan Ketua Poksi I-XI Fraksi, Kepala-kepala Badan, dan Ketua Komunitas Juang Pusat Partai.

"Pembukaan Rakernas secara hybrid diikuti oleh seluruh DPC, PAC, Ranting, Anak Ranting seluruh Indonesia," jelas Hasto.

Saat pembukaan Rakernas besok, Hasto akan bertindak memimpin pengheningan cipta. Ketua DPD PDI Perjuangn Aceh, Muslahuddin Daud, akan membacakan Teks Pancasila.

Selanjutnya, Ketua DPD PDI Perjuangan Papua John Wempi Wetipo akan membacakan Dedication of Life Bung Karno pada Rakernas II PDI Perjuangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES