Politik

Terpilih Aklamasi Pimpin Demokrat Kabupaten Probolinggo, Dedik Riyawan Target 7 Kursi

Senin, 20 Juni 2022 - 17:17 | 43.59k
Dedik Riyawan (tiga dari kiri) bersama pengurus DPP Partai Demokrat, dan pengurus Demokrat Kabupaten Probolinggo (foto: Humas Demokrat for TIMES Indonesia)
Dedik Riyawan (tiga dari kiri) bersama pengurus DPP Partai Demokrat, dan pengurus Demokrat Kabupaten Probolinggo (foto: Humas Demokrat for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Muscab VI DPC Partai Demokrat Kabupaten Probolinggo, Jatim, Senin (20/6/2022) secara aklamasi menetapkan Dedik Riyawan untuk diusulkan menjadi Ketua DPC periode lima tahun ke depan.

Muscab digelar di Hotel Shangrila, Surabaya. Selain DPC Kabupaten Probolinggo, ada 22 DPC Partai Demokrat lain di Jatim yang melagsungkan Muscab di waktu dan tempat yang sama.

Pasca Muscab, Dedik yang dalam 10 tahun terakhir menjadi Sekretaris DPC Partai Demokrat setempat, akan menjalani tahap fit and proper test. Jadwalnya belum ditentukan.

Fit and proper test akan dipimpin Ketum Partai Demokrat; Sekjend; Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK), dan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elistianto Dardak.

Dalam Pileg 2024, Dedik menargetkan partainya memperoleh 7 kursi di DPRD setempat. "Per dapil terisi," katanya melalui sambungan seluler.

Kekuatan Demokrat dalam Tiga Pemilu

Berdasarkan catatan, perolehan kursi Partai Demokrat di DPRD Kabupaten Probolinggo mengalami trend penurunan dalam tiga Pemilu terakhir.

Pada Pemilu 2009, partai berlambang mercy ini memiliki 3 kursi. Berkoalisi dengan Golkar, Demokrat mengusung pasangan Kusnadi-Wahid (Kawan) dalam Pilbup Probolinggo tahun 2012.

Selain Kawan, ada dua pasangan lain dalam kontestasi lima tahunan tersebut. Yakni pasangan Puput Tantriana Sari-Timbul Prihanjoko (Hati), dan pasangan Habib Salim Qurays-Agus Setiawan (Bagus).

Pilbup Probolinggo 2012 dimenangkan pasangan Puput Tantriana Sari-Timbul Prihanjoko (Hati). Tantriana adalah istri Hasan Aminuddin, bupati yang telah menjabat dua periode.

Pada Pemilu 2014, kursi Demokrat melorot dari tiga kursi menjadi satu kursi. Kemudian dalam Pilbup 2018, Demokrat mengusung pasangan Abdul Malik Haramain-Muhammad Muzayyan, berkoalisi dengan PKB.

Namun, pasangan ini tumbang melawan pasangan petahana atau incumbent: Puput Tantriana Sari-Timbul Prihanjoko (Hati).

Kemudian dalam Pemilu 2019, Partai Demokrat tak punya kursi di DPRD Kabupaten Probolinggo.

Meski berangkat dari nol kursi, Dedik Riyawan menyebut  target 7 kursi dalam Pileg 2024 bukan muluk-muluk. "Karena meski tren perolehan kursi turun, suara Demokrat Kabupaten Probolinggo naik," sebutnya.

Komunikasi dengan Ormas

Untuk mencapai target tersebut, Dedik Riyawan mengaku telah menjalin komunikasi dengan beberapa figur potensial sebagai caleg. Ia juga akan berkomunikasi dengan ormas-ormas di Kabupaten Probolinggo. Selain untuk menjaring kepengurusan DPC Partai Demokrat Kabupaten Probolinggo, upaya itu juga dimaksudkan untuk menjaring caleg. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES