News Commerce

Rumah Terapi HTC Surabaya Atasi Keluhan Cedera Otot dan Post Stroke

Senin, 20 Juni 2022 - 15:12 | 167.25k
Terapis HTC melakukan pijatan pada pasien, Senin (20/6/2022). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Terapis HTC melakukan pijatan pada pasien, Senin (20/6/2022). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYACedera otot dan sendi seringkali menjadi keluhan bagi sebagian orang. Terutama pada bagian panggul, bahu, lutut, leher dan perut.

Misal karena salah posisi tidur. Kondisi ini menyebabkan siksaan tersendiri. Apalagi jika tidak bisa meninggalkan aktivitas sehari-hari. 

Salah satu langkah penanganan bisa mengunjungi terapis untuk mengembalikan kelenturan otot. 

Terapis-HTC-melakukan-pijatan-pada-pasien-2.jpg

Ikhwan Bakhri Fauzi, Owner Humanity Therapy Care (HTC) menjelaskan, setiap orang perlu menjaga suplai oksigen ke otak dan menjaga peredaran tetap lancar. Peregangan juga memiliki peran penting guna menghindari cedera dan ketegangan otot. 

Karena seringkali terapis HTC menerima kunjungan pasien dengan berbagai keluhan tersebut di atas. Termasuk pasien dengan kondisi post stroke. 

Langkah cepat adalah menentukan tingkat keparahan rasa sakit melalui aliran otot dan persendian. Setelah itu terapis mulai memberikan pijatan ringan selama 20-30 menit. Sedangkan untuk seluruh tubuh bisa sampai 60 menit tergantung tingkat cedera yang dialami. 

Selain itu ada beberapa pilihan tahapan lanjutan. Pasien bisa datang selama dua atau tiga kali dalam sebulan. Atau cukup satu kali jika kondisi sudah mulai membaik. 

Namun kondisi tertentu memiliki catatan khusus. Ia menyarankan agar cedera pada engkel (pergelangan) hingga berwarna merah kehitaman dihindari untuk pijat karena dikhawatirkan ada jaringan yang robek. Pertolongan pertama adalah melakukan kompres es dengan handuk guna menjaga suhu es tetap stabil. Langkah ini dilakukan selama dua hari baru mencari pertolongan medis. 

Ikhwan menyarankan jangan mengoleskan balsam panas. Namun berbeda jika mengalami ketegangan otot. 

Terapis-HTC-melakukan-pijatan-pada-pasien-3.jpg

"Ada lima tanda cedera. Merah, bengkak, panas, dan tidak berfungsi," kata Ikhwan, Senin (20/6/2022). 

Dia menambahkan, saat ini masyarakat Kota Surabaya semakin mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan melalui HTC. Rumah terapi di Jalan Rungkut Asri IV No 15 Surabaya tersebut digawangi oleh terapis-terapis muda handal bersertifikasi. 

Bahkan mereka siap mendatangi ke rumah-rumah pasien yang tidak memungkinkan datang ke tempat. 

Didirikan oleh sekelompok anak muda Sarjana dan Magister Keolahragaan UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) yang berkolaborasi dengan Sarjana dan Magister Perawat di Surabaya, HTC bertekad mewujudkan pelayanan yang memberikan kepuasan serta kenyamanan optimal kepada klien. 

HTC telah menangani ratusan pasien mulai dari orang kenamaan hingga atlet. Bahkan kerap menjadi langganan sebagai tim medis saat pekan olahraga berlangsung. 

HTC mempunyai beberapa pelayanan kesehatan. Seperti Terapi Masase. Yaitu terapi yang dilakukan oleh para terapis yang memiliki izin untuk meningkatkan kondisi kesehatan klien agar lebih baik.

Kemudian Home Care. Merupakan pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan layanan kesehatan baik individu maupun keluarga di rumah. 

Sedangkan Post Stroke merupakan program pemulihan yang membantu klien mempelajari kembali keterampilan yang tiba-tiba hilang akibat stroke.

Tak hanya itu saja. HTC juga memberikan layanan rawat luka (diabetes). Perawatan luka merupakan tindakan merawat luka dengan upaya membantu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi.

Pilihan lain adalah exercise therapy (terapi latihan). Merupakan aktivitas fisik yang sistematis dan bertujuan untuk memperbaiki atau mencegah gangguan fungsi tubuh. Seperti memperbaiki kecacatan dan mencegah atau mengurangi faktor resiko gangguan kesehatan.

Bagi calon pasien Cedera otot dan sendi atau yang lainnya, yang ingin mendapatkan layanan kesehatan di Humanity Therapy Care bisa reservasi dulu atau langsung melakukan pendaftaran di tempat. Jam Operasional Humanity Therapy Care Senin-Sabtu pukul 09.00 WIB - 17.00 WIB dan Minggu  pukul 09.00 WIB - 15.00 WIB. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES