Pendidikan

Jurusan Sastra Jerman UM Gelar Seminar Online "Der Einsatz künstlicher Intelligent im Fremdsprachenlernen"

Sabtu, 18 Juni 2022 - 21:33 | 26.89k
Kegiatan seminar online
Kegiatan seminar online

TIMESINDONESIA, MALANG – Jurusan Sastra Jerman UM (Universitas Negeri Malang) menggelar seminar online "Der Einsatz künstlicher Intelligenz im Fremdsprachenlernen" atau Penggunaan Artificial Intelligence dalam Pengajaran Bahasa Asing, Sabtu (18/6/2022). 

Kegiatan seminar bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pengajar bahasa Jerman dan pemerhati bahasa Jerman untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan informasi terkini terkait pembelajaran bahasa asing, terutama bahasa Jerman.

Der-Einsatz-kunstlicher-Intelligenz-im-Fremdsprachenlernen-2.jpg

Seminar ini menghadirkan narasumber dari National University of Singapore, Dr. Chan Wai Meng dan dosen Universitas Negeri Yogyakarta yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Asosiasi Germanistik Indonesia, yaitu Prof. Dr. Pratomo Widodo, M.Pd. Peserta yang menghadiri seminar ini adalah para dosen bahasa Jerman yang tergabung dalam Asosiasi Germanistik Indonesia dan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia juga beberapa pengajar bahasa Jerman dari Malaysia dan Filipina. 

Dalam seminar tersebut, pemberian materi diawali oleh Dr. Chan Wai Meng dengan mempresentasikan manfaat dari penggunaan Artificial Intelligence dalam pengajaran bahasa Jerman dan juga mendemonstrasikan contoh penggunaan Artificial Intelligence dalam bentuk platform pembelajaran bahasa Jerman yg merupakan produk dari tim dosen bahasa Jerman National University of Singapore (NUS).

Pemberian materi selanjutnya disampaikan oleh Prof. Dr. Pratomo Widodo, M.Pd. dengan mengangkat tema Penggunaan Media Digital dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Asing yang ditinjau dari konsep dan teori yang relevan dan juga contoh-contoh konkrit dari pembelajaran berbasis digital.

Der-Einsatz-kunstlicher-Intelligenz-im-Fremdsprachenlernen-3.jpg

Sekretaris Jurusan Sastra Jerman, Dr. Dewi Kartika Ardiyani, M.Pd. yang juga bertindak sebagai moderator pada seminar tersebut mengatakan bahwa kegiatan semacam ini diharapkan dapat mendukung proses perkembangan pembelajaran bahasa asing, terutama bahasa Jerman.

"Kegiatan seminar ini diharapkan menjadi agenda rutin dan akan menghadirkan narasumber dari berbagai negara secara bergantian dengan mengusung tema yang selalu aktual dan relevan  dengan pembelajaran bahasa asing, terutama bahasa Jerman," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Kegiatan seminar ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Kegiatan diselenggarakan sebagai salah satu bentuk kontribusi jurusan untuk peningkatan kualifikasi dosen dan guru bahasa Jerman di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES