Politik

LSI: Jika Duet Lagi, Dadang-Sahrul Bakal Menang Mutlak di Pilkada 2024

Senin, 20 Juni 2022 - 08:49 | 65.01k
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan. (Foto: Diskominfo for TIMES Indonesia)
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan. (Foto: Diskominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNGPilbup Bandung 2024 memang masih sekitar dua tahun lagi. Namun figur-figur kuat yang potensial bertarung  di pesta politik lima tahunan itu sudah mulai terlihat. Termasuk duet ulang incumben Dadang Supriatna sebagai Bupati Bandung dan Sahrul Gunawan sebagai Wakil Bupati Bandung.

Dalam analisis peneliti  M. Khotib dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Denny JA, kompetisi sengit jelang Pilkada Kabupaten Bandung pada 2024 sesungguhnya sedang berlangsung.

“Merujuk pada data survei satu tahun sebelum Pilkada 2020, di mana Dadang Supriatna akhirnya berpasangan dengan Sahrul, kedua figur tersebut sebenarnya berangkat dari bekal elektabilitas yang sama kuat. Bahkan, elektabilitas Sahrul berada di posisi lebih unggul 7%, yakni Sahrul 20% dan Dadang 13%,” kata Khotib di Bandung, Senin (20/6/2022).

Posisi elektabilitas yang kurang lebih sama, lanjut Khotib, ada pada dua figur lain, yaitu Gun Gun Gunawan dan Kurnia Agustina Naser dengan 13%. Meskipun, Gun Gun akhirnya tak jadi maju. Dan the real pertarungan terjadi antara pasangan Dadang-Sahrul dan Kurnia Agustin-Usman Sayogi. 

Dalam analisis Khotib, pilihan yang sangat cerdas saat Dadang mengambil Sahrul sebagai wakilnya. Sebab, duet Dadang-Sahrul itu terbukti menjadi gabungan dua kekuatan besar secara elektabilitas. Data survei mengungkapkan, kemenangan Dadang disumbang cukup besar juga oleh suara Sahrul.

Karena itulah, kata Khotib, idealnya Dadang dan Sahrul kembali berpasangan pada Pilkada 2024. Sebab jika tidak, Dadang harus repot lagi mencari wakil. Meskipun, kemungkinan duet itu terjadi sangat kecil, mengingat berbagai manuver keduanya belakangan ini mulai menunjukkan persaingan yang vulgar.

Khotib meramal, jika Dadang lengah mengantisipasi ini, Sahrul potensial menyalipnya pada Pilkada 2024 nanti. Hal ini terjadi mengingat sejumlah data riset selama ini, bahwa mayoritas pemilih itu berkategori ‘irasional’, memilih bukan karena pertimbangan ilmiah rasional, tapi lebih karena emosional seperti suka.

“Dalam kontek ini, Dadang jangan terlalu percaya diri, apalagi hanyut dengan masukan tim yang mungkin sekedar menyenangkan. Bahwa di samping dirinya, sudah ada kandidat kuat yang bisa menyalipnya jika lengah,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Khotib, Sahrul Gunawan sekarang makin percaya diri, pasca resmi menjadi kader Golkar. Jika saja terjadi duet Sahrul Gunawan-Kurnia Agustina Naser, akan membuat Dadang Supriatna cukup kerepotan. Sebab, bagaimana pun, dinasti Dadang Naser dan Haji Obar Sobarna mertuanya yang sama-sama mantan bupati dua periode masih punya basis massa yang kuat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES