Politik

Muncul Nama Ganjar di Daftar Bacapres Nasdem, Ini Jawaban Puan

Sabtu, 18 Juni 2022 - 23:20 | 34.86k
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyatakan pihaknya menghormati rumah tangga partai politik lain, termasuk Nasdem yang baru saja mengumumkan Ganjar Pranowo, salah satu baka capres di Pilpres 2024. 

Mengenai adanya nama Ganjar Pranowo, kader PDI Perjuangan masuk sebagai salah satu yang diusung NasDem, Puan memastikan partai banteng punya mekanisme sendiri dalam menentukan capres-cawapresnya.

“Ya, kalau PDI Perjuangan kan punya mekanisme tersendiri juga untuk menentukan bakal capres dan bakal cawapres. Jadi, ya silakan saja itu berarti mekanisme setiap partai politik  berbeda-beda. Jadi menurut saya sah-sah saja,” kata Puan. 

Jawaban Puan disampaikan kepada wartawan usai membuka Gebyar Inovasi Pelayanan Kesehatan Rakyat yang dilakukan PDIP dalam rangka Bulan Bung Karno 2022, di Gedung Sekolah Partai, di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022).

“Di PDI Perjuangan sesuai dengan amanat kongres, bahwa nanti yang akan menjadi bakal capres adalah merupakan hak prerogratif dari ketua umum. Jadi semua kader partai yang nantinya akan diberikan amanah ibu ketua umum sesuai dengan hasil kongres, itulah yang akan menjadi capres dan cawapres dari PDI Perjuangan sesuai dengan mekanismenya. Kita berpegang pada hal itu saja,” tutur Puan.

Sehingga, lanjut Puan, pihaknya sama sekali tak merasa terganggu dengan manuver Nasdem. Sebab hal itu adalah urusan internal masing-masing partai politik, yang memiliki mekanisme masing-masing dalam membuat keputusan. “Jadi biasa saja,” imbuh Puan.

Ketika wartawan bertanya soal koalisi dengan partai lain menuju Pilpres 2024, termasuk dengan NasDem, Puan mengatakan bahwa PDI Perjuangan bisa berkoalisi dengan siapa saja. Dia lalu menekankan bahwa kata yang tepat bukanlah koalisi, melainkan kerja sama.

“Bisa saja kita bekerja sama untuk membangun bangsa ke depan. Membangun bangsa itu tak bisa sendirian, harus bersama-sama dengan seluruh elemen bangsa. Dan ini masih lama, masih hampir kurang lebih 1 tahun setengah lagi. Jadi masih ada kesempatan kita untuk bisa mematangkan kerja sama yang kongkrit untuk bangsa dan negara,” jelas Puan Maharani. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES