Peristiwa Internasional

Badai Muson di India dan Bangladesh Sebabkan 41 Orang Meninggal Dunia

Sabtu, 18 Juni 2022 - 18:56 | 53.59k
Orang-orang mengarungi jalan di daerah banjir setelah hujan lebat di Sylhet. (Foto: Al Jazeera/AFP)
Orang-orang mengarungi jalan di daerah banjir setelah hujan lebat di Sylhet. (Foto: Al Jazeera/AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTABadai Muson di Bangladesh dan India menyebabkan sedikitnya 41 orang meninggal dunia, banjir dahsyat, dan jutaan orang terdampar.

Para pejabat, Sabtu (18/6/2022) mengatakan, banjir adalah ancaman biasa bagi jutaan orang di dataran rendah Bangladesh, tetapi para ahli mengatakan perubahan iklim meningkatkan frekuensi, keganasan, dan ketidakpastiannya.

Dilansir Al Jazeera, hujan tanpa henti selama seminggu terakhir telah membanjiri bentangan luas timur laut Bangladesh, dan tentara dikerahkan untuk mengevakuasi rumah tangga yang terputus dari komunitas tetangga.

Sekolah telah diubah menjadi tempat penampungan bantuan untuk menampung seluruh desa yang terendam dalam hitungan jam oleh sungai yang tiba-tiba meluap.

"Seluruh desa tenggelam pada Jumat pagi dan kami semua terdampar," kata Lokman, yang keluarganya tinggal di desa Companiganj, kepada kantor berita AFP.

"Setelah menunggu seharian di atap rumah kami, seorang tetangga menyelamatkan kami dengan perahu darurat. Ibu saya mengatakan dia belum pernah melihat banjir seperti itu sepanjang hidupnya," tambah wanita berusia 23 tahun itu.

Asma Akter, wanita lain yang diselamatkan dari air yang naik mengatakan, keluarganya tidak bisa makan selama dua hari.

"Air naik begitu cepat sehingga kami tidak bisa membawa barang-barang kami," katanya. "Dan bagaimana Anda bisa memasak sesuatu ketika semuanya di bawah air?," tambahnya.

"Petir yang dipicu oleh badai telah menyebabkan  21 orang meninggal dunia di seluruh negara Asia Selatan itu sejak Jumat sore," kata pejabat polisi kepada AFP.

"Di antara mereka ada tiga anak berusia antara 12 dan 14 yang tersambar petir pada hari Jumat di kota pedesaan Nandail," kata kepala polisi setempat Mizanur Rahman.

Inspektur polisi Nurul Islam mengatakan, empat orang lainnya meninggal dunia akibat tanah longsor yang menerjang rumah mereka di lereng bukit di kota pelabuhan Chittagong.

"Sedikitnya 16 orang lainnya meninggal dunia sejak Kamis di Meghalaya yang terpencil di India," tulis kepala menteri negara bagian itu, Conrad Sangma di Twitter, setelah tanah longsor dan aliran sungai yang menenggelamkan jalan.

Di sebelah di Negara Bagian Assam, lebih dari 1,8 juta orang terkena dampak banjir setelah hujan deras selama lima hari.

Ketua Menteri Assam Himanta Biswa Sarma mengatakan kepada wartawan, bahwa dia telah menginstruksikan pejabat distrik untuk memberikan semua bantuan dan bantuan yang diperlukan kepada mereka yang terjebak dalam banjir.

Banjir di Bangladesh memburuk pada Sabtu pagi setelah jeda sementara dari hujan sore sebelumnya, kepala administrator pemerintah wilayah Sylhet Mosharraf Hossain mengatakan kepada AFP.

Banjir semakin Memburuk

"Situasinya buruk. Lebih dari empat juta orang telah terdampar oleh air banjir," kata Hossain, seraya menambahkan bahwa hampir seluruh wilayah itu tanpa listrik.

Banjir memaksa bandara internasional terbesar ketiga Bangladesh di Sylhet ditutup pada hari Jumat.

Ramalan cuaca mengatakan banjir akan memburuk selama dua hari ke depan dengan hujan lebat di Bangladesh dan hulu di timur laut India.

Sebelum hujan minggu ini, wilayah Sylhet masih belum pulih dari banjir terburuk dalam hampir dua dekade akhir bulan lalu, ketika setidaknya 10 orang tewas dan empat juta lainnya terkena dampak.

Kedua negara telah meminta militer untuk membantu mengatasi banjir yang parah, yang dapat memburuk karena hujan diperkirakan akan berlanjut selama akhir pekan.

“Kami memperkirakan hujan sedang hingga lebat di beberapa bagian Assam hingga Minggu. Volume curah hujan belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Sanjay O'Neil, seorang pejabat di stasiun meteorologi di Gauhati, ibu kota Assam.

Di Bangladesh, distrik-distrik di dekat perbatasan India terkena dampak paling parah.

Ketinggian air di semua sungai besar di seluruh negeri meningkat, menurut pusat prakiraan dan peringatan banjir di Dhaka, ibu kota negara itu. Negara ini memiliki sekitar 130 sungai.

Pusat itu mengatakan situasi banjir kemungkinan akan memburuk di distrik Sunamganj dan Sylhet yang paling parah dilanda di wilayah timur laut serta di distrik Lalmonirhat, Kurigram, Nilphamari dan Rangpur di Bangladesh utara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES