Kesehatan

Yuk, Ketahui Segudang Manfaat Kuaci untuk Kecantikan Kulit

Minggu, 19 Juni 2022 - 05:43 | 314.95k
Biji bunga matahari. (foto: Pinterest)
Biji bunga matahari. (foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTABiji bunga matahari atau kuaci telah lama populer sebagai salah satu makanan sehat. Biasanya, makanan ini bisa dikonsumsi langsung sebagai camilan atau dicampurkan ke makanan lain sebagai pelengkap.

Yang membuat kuaci menyehatkan tentu saja kandungan gizinya. Ada beragam zat gizi yang bisa ditemukan di dalam makanan berukuran kecil ini, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, hingga serat, vitamin, dan mineral.

Satu ons biji bunga matahari yang sudah dikupas mengandung sekitar 165 kalori, 5,48 gram protein, 14,1 gram lemak, dan 6,82 gram karbohidrat. Selain itu, ada pula 3,15 gram serat, 7,4 gram vitmain E, 2 mg niacin, 19,8 mg kalsium, 36,6 mg magnesium, 1,5 mg zinc, 22,5 mcg selenium, dan 1,08 mg zat besi.

Kuaci itu sendiri mampu memberikan perlindungan ekstra pada kulit wajah agar kulit terhindar dari radikal bebas dan kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Paparan Sinar matahari yang langsung ke kulit wajah dapat menyebabkan wajah terlihat kusam. Namun dengan mengonsumsi rutin, kuaci tersebut bisa diatasi dan membuat kulit wajah lebih bercahaya dan glowing.

Biji-bunga-matahari-C.jpg

Selain itu kandungan vitamin E pada kuaci juga mampu membuat kulit tetap sehat dan lebih kencang.

Dengan rajin mengonsumsi kuaci dapat membantu memproduksi Melanin dalam tubuh guna melindungi kulit dari bahaya paparan sinar Ultraviolet dari matahari. Namun dengan demikian lapisan kulit juga akan terlindungi dan tidak akan mudah terbakar saat melakukan aktivitas di bawah terik matahari.

Selain untuk membuat wajah bersinar dan glowing kuaci juga memiliki manfaat lain, untuk wajah diantaranya.

1. Mencegah kulit berjerawat

Di dalam biji bunga matahari terdapat kandungan asam lemak esensial, diantaranybseperti asam Linoleat, asam palmitat, asam oleat, Dan asam stearat. Kegunaan dari asam lemak Esensial tersebut mampu mencegah kulit berjerawat, infeksi kulit, dan masalah kulit lainnya.

2. Membuat kulit lebih halus dan kenyal

Pada dasarnya kuaci memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kulit karena biji bunga matahari tersebut mampu memberikan kelembapan pada sel – sel kulit. sehingga kulit terutama wajah tampak lebih sehat kenyal dan halus.

3. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Sifat antioksidan minyak biji bunga matahari membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, karena membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Vitamin E dalam minyak biji bunga matahari dapat membantu melindungi kolagen dan tingkat elastisitas di kulit. Kandungan itu juga akan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah.

4. Mengatasi kulit kering

Minyak bunga matahari memiliki sifat menenangkan alami yang meningkatkan kapasitas retensi kelembaban kulit. Hal ini akan bermanfaat bagi kamu dengan memiliki masalah kulit kering atau sensitif. Menggunakan minyak biji bunga matahari secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dan kotoran.

Nah itulah manfaat dan khasiat kuaci yang sangat berguna bagi wajah, selain perawatan dengan harga mahal, tak ada salahnya mencoba perawatan wajah dengan bahan alami seperti kuaci ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES