Peristiwa Daerah

Pascaritual Yadnya Kasada, Warga Tengger Bersihkan Sampah di Lautan Pasir

Jumat, 17 Juni 2022 - 20:24 | 41.44k
Bersih bersih sampah di lautan pasir Gunung Bromo, pasca Yadnya Kasada. (Foto: Diskominfo Kabupaten Probolinggo)
Bersih bersih sampah di lautan pasir Gunung Bromo, pasca Yadnya Kasada. (Foto: Diskominfo Kabupaten Probolinggo)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOWarga Tengger bersama Forum Sahabat Gunung, membersihkan sampah yang berserakan di lautan pasir Gunung Bromo. Itu setelah berlangsungnya ritual Yadnya Kasada, pada Kamis (16/6/2022) dinihari kemarin.

Bersih-bersih sampah dilakukan pada Jumat (17/6/2022) pagi. Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Novita Kusuma Wardani, dan Pemerintah Kecamatan Sukapura, turut hadir dalam kegiatan ini.

“Setelah kegiatan Yadnya Kasada itu memang banyak pengunjung yang meninggalkan sampah, baik itu berasal dari pedagang maupun warga setempat yang mengikuti kegiatan ritual Yadnya Kasada,” kata Camat Sukapura, Rochmad Widiarto.

Gerakan tersebut kata Rochmad, bukan hanya untuk mengingatkan bahwa setelah Yadnya Kasada harus bersih-bersih, tetapi memberikan sentuhan moral kepada masyarakat dan seluruh pengunjung di TNBTS, yang memasuki kawasan Gunung Bromo untuk ikut melestarikan bagaimana mestinya berperilaku terhadap alam.

Tentu juga memberikan kesadaran kepada seluruh pengunjung TNBTS dan masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan di lautan pasir Bromo.

"Tujuan utama sebagai sentuhan moral saja, dan ini harapan masyarakat Tengger dan pelaku wisatapun juga sama. Ketika membawa makanan atau minuman dari luar, agar sampahnya dibawa," harap dia.

Dari hasil aksi bersih-bersih sampah di lautan pasir pasca ritual Yadnya Kasada Gunung Bromo, terkumpul sampah sebanyak 7 mobil pick up. Untuk selanjutnya di buang di TPS (Tempat Pembuangan Sementara) terdekat maupun TPS desa lain kalau memang tidak mencukupi.(*)


 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES