Pemerintahan

Kepala Desa di Bondowoso Diingatkan Anggaran DD untuk Pemulihan Ekonomi

Jumat, 17 Juni 2022 - 12:44 | 101.33k
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yuliati saat dikonfirmasi (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yuliati saat dikonfirmasi (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Setelah dua tahun dilanda Pandemi Covid-19, sektor ekonomi pun ikut terdampak. Setelah pandemi mereda pemerintah mulai fokus pemulihan ekonomi. Oleh karena itu, kepala desa di Bondowoso diimbau agar alokasi dana desa (DD) untuk peningkatan ekonomi di desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yuliati mengatakan anggaran DD sebenarnya bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur, senyampang masih ada kaitannya dengan pemulihan ekonomi.

"Tapi yang terkait dengan perekonomian. Untuk pemulihan atau recovery ekonomi masyarakat," kata dia saat dikonfirmasi.

Sementara infrastruktur lain seperti gedung dan sebagainya belum diperbolehkan. Apalagi sekarang fokus pada program padat karya tunai mandiri.

Adapun pembangunan jalan dan itu masih ada kaitannya dengan akses perekonomian masyarakat tentu diperbolehkan. 

Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) tersebut juga memaparkan bahwa dari total DD tidak ada persentase untuk infrastruktur.

"Tapi anggaran 32 persen dari sisa, dimanfaatkan untuk kebutuhan desa yang lain. Atau prioritas sebagaimana tertuang dalam Permendes," jelas dia.

Menurutnya, ada beberapa item kegiatan yang memang jadi prioritas pusat yang harus dilaksanakan oleh pemerintah desa. 

"Itu juga diselaraskan dengan kebutuhan desa itu. Misalnya penanganan stunting, atau hal lain yang urgen untuk dilaksanakan. 

Informasi yang dihimpun, total ada 209 desa di Kabupaten Bondowoso. Adapun dana desa yang diterima masing-masing desa mulai Rp 1 miliar hingga sekitar Rp 2 miliar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES