Wisata

5 Rekomendasi Kota Wisata di Jawa untuk Isi Libur Sekolah

Kamis, 16 Juni 2022 - 12:13 | 137.90k
Flora Wisata San Terra Malang. (instagram.com/florawisata.santerra)
Flora Wisata San Terra Malang. (instagram.com/florawisata.santerra)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bulan Juni-Juli menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap keluarga. Sebab, pada bulan tersebut anak-anak biasanya telah menyelesaikan ujian semester mereka, dan bersiap liburan sekolah.

Maka tak heran, Juni-Juli menjadi bulan yang ramai dipenuhi wisatawan untuk berlibur. Biasanya, mereka akan berlibur menggunakan pesawat, kereta api, bus, atau rental mobil untuk liburan keluarga.

Banyak pula yang memilih berlibur ke berbagai kota wisata yang ada di sekitar Pulau Jawa. Hal ini karena pulau terpadat di Indonesia tersebut memiliki banyak kota yang menyajikan deretan destinasi, hingga atraksi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Nah, jika Anda salah satu orang yang sedang merencanakan berlibur bersama keluarga saat libur sekolah nanti, tak ada salahnya melihat rekomendasi kota wisata ini. Mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur, ini deretan kota wisata yang bisa dikunjungi di Jawa.

1. Bandung

Jika berbicara tentang destinasi tujuan untuk berlibur, pasti Bandung selalu masuk urutan teratas dalam daftar tersebut. Bagaimana tidak, selama ini Bandung selalu menjadi tujuan favorit wisatawan, terutama mereka yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya.

Hal ini karena Bandung menawarkan deretan destinasi wisata menarik, mulai Tangkuban Perahu, Kampung Korea, Farmhouse Susu Lembang, Nara Park, Kawah Putih, dan D'Pakar Bandung. Ada pula Situ Patenggang, De'Ranch Lembang, The Lodge Maribaya, hingga Museum Asia Afrika.

Jika ingin menikmati suasana Bandung tempo dulu, Anda juga bisa mengunjungi kawasan Braga yang terkenal dengan deretan bangunan lamanya yang ikonik. Di Braga juga terdapat banyak coffee shop, toko, hingga restoran yang tentunya memanjakan lidah.

2. Bogor

Selain Bandung, Bogor juga pastinya masuk dalam daftar teratas kota wisata yang wajib Anda kunjungi saat libur sekolah nanti. Hal ini karena Bogor juga menyajikan banyak atraksi wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Tengok saja bagaimana Anda bisa menikmati sejuk dan segarnya udara Kota Hujan di Kebun Raya Bogor. Anda juga bisa bermain sambil melihat berbagai hewan secara langsung di Taman Safari Indonesia.

Destinasi wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi di Bogor adalah Little Venice Kota Bunga, Devoyage, Taman Bunga Nusantara, Highland Park Resort, hingga Cimory Dairyland.

3. Yogyakarta

Bergeser ke bagian tengah Pulau Jawa, ada Yogyakarta yang menjadi kota wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat libur sekolah nanti. Sama seperti Bandung dan Bogor, Yogyakarta juga menjadi destinasi wajib bagi mereka yang ingin lari sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Terlebih, di Yogyakarta Anda bisa menemukan banyak hal, mulai dari kuliner, wisata alam, hingga wisata belanja. Misalnya di kawasan Malioboro, Anda bisa berburu kuliner khas Kota Gudeg sambil berbelanja batik di Pasar Beringharjo.

Anda juga bisa mengunjungi deretan tempat wisata menarik yang ada di Yogyakarta, seperti Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan, Kaliadem, Gua Jomblang, Taman Sari, hingga Museum Fort Vredeburg.

4. Semarang

Selanjutnya, ada Semarang yang juga bisa Anda kunjungi saat liburan bersama keluarga. Apalagi akses yang sudah semakin mudah membuat perjalanan Jakarta-Semarang kini hanya memakan waktu sekitar 5 jam saja.

Hal ini juga yang membuat Semarang menjadi pilihan tepat sebagai tujuan kota wisata saat libur sekolah nanti. Selain aksesnya yang mudah, Semarang juga terkenal dengan deretan tempat wisatanya yang memikat hati, seperti Lawang Sewu, Kota Lama, Wisata Sam Poo Kong, hingga Simpang Lima.

Jangan lewatkan juga berburu kuliner khas Semarang yang menggoyang lidah. Anda bisa mencoba tahu gimbal, soto Semarang, wingko babat, hingga tahu petis. Menarik, bukan?

5. Malang

Beralih ke Timur Jawa, ada Malang sebagai kota wisata selanjutnya yang juga wajib masuk ke dalam daftar liburan Anda bersama keluarga. Selama ini, Malang memang terkenal menawarkan paket lengkap untuk wisatawan.

Tempat wisata, ada. Kuliner lezat dan murah, juga ada. Hal ini bisa terlihat dari hadirnya Jawa Timur Park 1 dan 2, Museum Angkut, Kampung Warna-warni Jodipan, Malang Night Paradise, hingga Florawisata San Terra de Lafonte.

Untuk kulinernya, Anda bisa mencoba makanan enak dan legendaris yang ada di sana, seperti bakso Malang, rawon, nasi pecel, sate kelinci, hingga tempe mendol. Yum!

Itu dia lima kota wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga saat libur sekolah nanti. Jadi, sudah menentukan pilihan liburan?. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES