Pendidikan

Project Profil Pelajar Pancasila SDN 1 Babahrot Tuai Pujian dari Dinas Pendidikan

Kamis, 16 Juni 2022 - 15:17 | 82.44k
Kepala Disdikbud Abdya, Jauhari (kiri) saat mengunjungi salah satu stand karya pemanfaatan barang bekas di SDN 1 Babahrot (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)
Kepala Disdikbud Abdya, Jauhari (kiri) saat mengunjungi salah satu stand karya pemanfaatan barang bekas di SDN 1 Babahrot (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ACEH BARAT DAYA – Pagelaran dalam rangkaian kegiatan minggu tenang yang diadakan Sekolah Dasar Negeri 1 Babahrot  (SDN 1 Babahrot), Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, mendapat apresiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten setempat.

Kepala Disdikbud Abdya, Jauhari, S. Pd mengatakan, kabupaten bertuan tanah Teungku Peukan itu ditunjuk sebagai salah satu kabupaten yang menjalankan program sekolah penggerak, termasuk SDN 1 Babahrot.

"Khusus untuk sekolah penggerak angkatan satu, terdapat satu Taman Kanak-kanak (TK), enam SD dan dua Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan angkatan kedua ada sua TK, lima SD, dan dua SMP," tutur Jauhari kepada TIMES Indonesia di Babahrot, Kamis (16/6/2022).

Jauhari-2.jpgKepala Disdikbud Abdya menerima salah satu hasil karya siswa SDN 1 Babahrot (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

Dia menambahkan, sesuai dengan kurikulum yang diterapkan, terdapat Project Profil Pelajar Pancasila. Untuk tahapan ini, SDN 1 Babahrot telah mengemas kegiatan tersebut dalam pargelaran minggu tenang usai ujian kenaikan kelas.

"Disdikbud Abdya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan tujuan pendidikan yaitu mewujudkan Project Profil Pelajar Pancasila," tuturnya.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Babahrot, Tasrullah S. Pd menyampaikan, selain diadakannya pagelaran Project Profil Pelajar Pancasila, pihaknya juga mengadakan Festival Anak Sholeh dan pentas seni.

Dalam Festival Anak Sholeh diadakan berbagai macam perlombaan, seperti Musabaqal Tilawatil Qur'an (MTQ), hafalan Qur'an juz 30, lomba azan, lomba pidato, cerdas cermat dan shalat jenazah.

siswa-SDN-1-Babahrot.jpg

"Kegiatan ini telah kita adakan sejak Senin lalu, Alhamdulillah hari ini kit laksanakan kegiatan pentas seni sekaligus penutupan kegiatan," ucap Tasrullah.

Untuk pagelaran Project Profil Pelajar Pancasila yaitu karya siswa dan siswi dari pemanfaatan barang-barang bekas, yang didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat.

Sedangkan Pensi atau pentas seni menampilkan rapai geleng sanggar Tunas Barona, ranub lampuan sanggar Bungong Ban Keumang, drama, fashion show, kesan dan pesan siswa kelas enam, dan ditutup dengan pembagian hadiah untuk pemenang perlombaan.

"Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan harapan, agar peserta didik dapat menyalurkan bakat dan minatnya yang selama ini belum ada wadah yang tepat untuk menyalurkannya," kata Tasrul.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan itu peserta didik merasa tenang, senang, aman, bahagia. Selain itu, tujuannya juga agar guru dapat mengidentifikasi sejauh mana kemampuan peserta didik.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Disdikbud Abdya, Komite Sekolah, para dewan guru SDN 1 Babahrot, serta semua pihak yang telah bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan ini. Besar harapan agar program kegiatan yang bersifat positif seperti ini dapat berkelanjutan," imbuh Kepsek SDN 1 Babahrot. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES