Kuliner

5 Aneka Jajanan SD yang Paling Dicari

Jumat, 17 Juni 2022 - 04:33 | 118.52k
Telur gulung sebagai salah satu jajanan kala SD. (foto: mijil.id)
Telur gulung sebagai salah satu jajanan kala SD. (foto: mijil.id)

TIMESINDONESIA, MALANG – Jajanan saat millenial masih menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) memang masih terasa enak sampai saat ini. Jajanan tersebut biasanya berjejer di depan sekolah dan para murid akan membelinya di jam-jam istirahat bahkan pada saat hendak pulang sekolah. Selain enak, jajanan tersebut juga murah sehingga tidak takut kantong kering ketika akan membeli sebanyak apapun. 

Selain jajanan, makanan jadul saat SD juga ada aneka es yang bentuknya terbilan cukup unik. Diantaranya es wawan, es lilin, sampai es gabus. Berikut aneka jajanan SD yang mungkin masih dirindukan dan dinikmati sampai sekarang: 

 1. Telur Gulung 

Telur gulung masih menduduki posisi pertama untuk tetap dicari-cari sampai saat ini diberbagai kota. Telur gulung dibuat dari telur yang sudah dikocok kemudian dimasukkan kewajan berisi minyak panas sembari menggulungnya dengan sebatang lidi. Kemudian dicampur dengan saus kacang, tomat, dan pedas sesuai dengan selera. 

 2. Pentol Telur

Masih jajanan yang terbuat dari telur, hanya saja bedanya kali ini cara membuatnya yakni dengan membuat banyak telur dikocok jadi satu. Kemudian dicampur dengan olahan kanji yang berbentuk bulat. Lalu campuran tersebut digoreng dan ditambahkan dengan saus. 

 3. Cilok

Cilok memang jajanan jadul namun hingga saat ini masih banyak dijual dan bentuknya hampir tidak berubah. Namun jika dulu kita dapat menikmatinya dengan saus pedas dan tomat saja, sekarang cilok juga bisa dnikmati menggunakan saus kacang. 

 4. Batagor

Selain cilok, batagor adalah salah satu jajanan SD yang berasal dari bandung dan dinikmati dengan bumbu kacang dan kecap. Namun saat ini, jajanan itu masih menjadi favorit dan harganya masih tergolong murah. 

 5. Cimol/Cireng

Jajanan ini terbuat dari tepung kanji yang dibentuk kemudian digoreng. Hanya saja menikmatinya menggunakan bumbu tabur yang juga memiliki aneka rasa seperti bbq, jagung bakar, dan keju. Sampai sekarang, cimol/cireng gampang banaget didapatkan di jalanan termasuk di jalanan sekolah terutama Sekolah Dasar (SD). 

Inilah beberapa jajanan jadul kala Sekolah Dasar yang sampai sekarang masih dicari dan yang jelas sangat dirindukan. Tidak itu saja, jajanan tersebut masih banyak di berbagai kota dan harganya sangat terjangkau. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES