Hukum dan Kriminal

Puluhan Kendaraan Terjaring Ops Patuh Lodaya, Satlantas Polres Banjar Pilih Tak Menilang

Kamis, 16 Juni 2022 - 11:41 | 35.93k
Tim Dakgar menghentikan kendaraan Coltbak yang memuat penumpang untuk diberikan imbauan (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)
Tim Dakgar menghentikan kendaraan Coltbak yang memuat penumpang untuk diberikan imbauan (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Operasi patuh Lodaya tahun 2022 pagi ini digelar Satlantas Polres Banjar di simpang 4 Hoegeng jalan Kapten Jamhur Kecamatan Banjar Kota Banjar Jawa Barat, Kamis (16/6/2022).

Dalam operasi tersebut, beberapa anggota satlantas dipimpin Kanit Gakum, Ipda Hermawan bertugas dimasing-masing titik yang dianggap rawan pelanggaran.

Berlangsung selama kurang lebih satu jam, operasi patuh Lodaya berhasil mendapati banyak pengendara yang melanggar. Dimulai dari tidak mengenakan helm, membonceng penumpang lebih dari satu, menggunakan kendaraan tidak sesuai dengan peruntukannya dan yang belum memiliki SIM.

Pengendara-motor-yang-membonceng-penumpang-lebih.jpgPengendara motor yang membonceng penumpang lebih dari kapasitasnya diberikan edukasi dalam Operasi Patuh Lodaya (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih melalui Kasat lantas, AKP Asep Saepuloh menjabarkan bahwa untuk operasi patuh Lodaya kali ini tidak ada pelaksanaaan secara stasioner penindakan pelanggaran  pada saat gatur dan patroli.

 "Jadi untuk operasi patuh Lodaya pagi ini, kami tidak lakukan penilangan," katanya.

Puluhan pelanggar yang terjaring operasi patuh Lodaya hanya diberikan edukasi dan imbauan untuk menaati tertib lalulintas demi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas.

 "Jadi kami hentikan dulu perjalanannya dan kami berikan imbauan sekaligus edukasi agar tidak mengulangi pelanggarannya," katanya.

Pagi ini, kebanyakan pelanggar merupakan pengendara yang membonceng anak-anaknya melebihi kapasitas untuk mengantar ke sekolah, bahkan ada yang bonceng Empat sambil membawa Batita.

 "Ada juga kendaraan Coltbak yang membawa penumpang orang, kami berikan imbauan agar sesuai peruntukannya yakni memuat barang saja," jelasnya.

Kasat lantas Polres Banjar mengimbau agar pengguna jalan mematuhi tata tertib lalulintas demi keamanan dan keselamatan berkendara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES