Kuliner

Butuh yang Segar? Intip Rekomendasi Kreasi Es Yuk!

Kamis, 16 Juni 2022 - 11:35 | 161.29k
Es kuwut melon yang segar. (FOTO: Lin's Cakes/TIMES Indonesia)
Es kuwut melon yang segar. (FOTO: Lin's Cakes/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memasuki musim panas seperti ini pasti banyak orang yang mencari kesegaran, dan tentunya olahan es menjadi pilihan utama disaat santai atau sedang berkumpul bersama. Seperti yang kita tahu banyak berbagai macam olahan es tersebar di Indonesia, mulai dari yang ringan hingga mengandung santan, dan dijual dari pedagang kaki lima dengan harga murah hingga di dalam mall dengan harga fantastis.

Nah jika kalian ingin membuat kreasi baru di rumah dan bisa diminum siapa saja, berikut ini adalah rekomendasi yang bisa kalian buat. Tentunya dengan bahan yang mudah didapat, dan bisa disesuaikan dengan selera kalian.

1.    Es Kopi Cincau

Olahan satu ini kerap ditemukan entah di pinggir jalan atau dalam mall besar. Tahukah kalian kalau membuatnya sangat mudah sekali! Kalian hanya butuh sebungkus kopi favorit kalian, cincau yang sudah diserut, susu kental manis, air matang, dan juga es batu. Sudah lengkap bahannya? Yuk kita buat!

·      Seduh kopi degan air panas, lalu biarkan hingga hangat. Jika kalian menggunakan kopi hitam, tunggu hingga ampasnya mengendap.

·      Campur dengan susu kental manis dan air matang, lebih direkomendasikan untuk menggunakan blender. Tingkat kemanisannya bisa kalian sesuaikan, dan jika kurang bisa kalian tambahkan gula sesuai selera.

·      Isi gelas dengan serutan cincau dan juga es batu sesuai selera. Tuangkan campuran kopi ke dalam gelas dengan perlahan agar tidak tumpah, lalu aduk perlahan.

2.    Es Mangga Susu

Es-Mangga-Susu.jpg

Siapa yang tidak suka dengan mangga? Buah yang memiliki rasa asam manis ini cocok diolah menjadi es loh. Bosan dengan jus mangga? Cobalah resep yang satu ini. Jangan lupa siapkan 1 buah mangga, 1 bungkus jeli cokelat atau mangga, susu cair, dan juga es batu sesuai selera.

·      Bersihkan buah mangga, kupas kulitnya, dan potong bentuk dadu.

·      Masak jeli seperti biasa. Untuk jeli mangga, kalian bisa memasukkan sari mangga agar lebih terasa. Setelah itu dinginkan, dan potong dadu.

·      Susun buah mangga dan juga jeli di dalam wadah, atau bisa juga langsung kalian susun di gelas masing-masing. Tambahkan es batu sesuai selera, lalu tuangkan susu cair. Oh iya, untuk tingkat kemanisannya bisa kalian sesuaikan ya! Jika kurang manis bisa ditambahkan gula ataupun susu kental manis.

3.    Es Jeruk Susu

Olahan es jeruk entah peras ataupun jus sudah seperti primadona di dunia kuliner, bersanding dengan es teh. Rasanya yang asam manis bisa menyegarkan tenggorokan dikala panas haus melanda. Ingin mencoba kreasi baru! Kreasi yang satu ini bisa jadi opsi loh! Yuk siapkan jeruk peras sebanyak selera kalian, susu cair atau kental manis, sebungkus jeli cokelat atau jeruk, dan es batu secukupnya.

·      Peras jeruk hingga keluar sarinya.

·      Masak jeli seperti biasa, dan untuk jeli jeruk bisa kalian tambahkan sari jeruk agar lebih terasa. Lalu dingikan dan potong dadu.

·      Campur sari jeruk dan juga susu, lebih direkomendasikan menggunakan blender. Untuk tingkat kemanisan bisa kalian atur sesuai selera.

·      Susun jeli jeruk dan es batu di dalam wadah atau gelas kalian, lalu tuangkan campuran jeruk dengan perlahan dan hati-hati agar tidak tumpah.

4.    Es Semangka Soda

Es-Semangka-Soda.jpg

Semangka merupakan pilihan semua orang di musim panas. Dagingnya yang berair dan segar membuat siapapun tidak bisa berhenti makan. Tapi, bisa terbayang bagaimana rasa semangka ketika dicampur dengan soda? Pasti lebih segar lagi dong! Siapkan 1 buah semangka, sebotol soda rasa lemon, susu cair, dan es batu secukupnya.

·      Belah semangka dan keruk dagingnya, bisa menggunakan cetakan bulat, potong dadu, ataupun diambil langsung dengan sendok sesuai selera kalian, lalu letakkan dalam wadah.

·      Campur semangka yang sudah dipotong dengan soda rasa lemon. Lalu campur dengan susu cair dan icip rasanya hingga sesuai selera.

·      Tambahkan es batu lalu aduk sebentar agar lebih tercampur rata. Pastikan semangkanya terendam sempurna ya!

5.    Es Kuwut Melon

Melon merupakan buah yang segar dan manis, dengan daging sedikit keras dan berair. Selain itu bisa juga diolah menjadi macam-macam minuman segar. Jika kalian bingung untuk membuat kreasinya, coba buat es kuwut melon yuk! Siapkan 1 buah melon, jeruk nipis, air kelapa muda, selasih, dan juga es batu secukupnya.

·      Belah melon dan potong dagingnya. Setelah itu serut dengan menggunakan parutan keju.

·      Tuang air kelapa dan beri perasan jeruk nipis ke dalam wadah lalu aduk rata. Kalian bisa mengatur sendiri tingkat kemanisannya, atau bisa juga ditambahkan sirup melon agar lebih segar.

·      Masukkan melon serut dan selasih yang sudah direndam air hangat, jika ada nata de coco atau daging kelapa muda bisa kalian masukkan. Aduk sebentar lalu masukkan es batu sesuai selera.

Nah itu dia resep olahan es yang bisa kalian coba di rumah. Selain segar juga mudah kan membuatnya? Selamat membuat dan semoga kalian suka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES