Peristiwa Internasional

Belanja Senjata Nuklir Sembilan Negara di Dunia Meningkat Mencapai $82,4 miliar

Kamis, 16 Juni 2022 - 10:16 | 30.47k
Kampanye Internasional untuk Menghapuskan Senjata Nuklir mengatakan negara-negara nuklir kembali meningkatkan persenjataan mereka. (FOTO: Al Jazeera/Reuters)
Kampanye Internasional untuk Menghapuskan Senjata Nuklir mengatakan negara-negara nuklir kembali meningkatkan persenjataan mereka. (FOTO: Al Jazeera/Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sembilan negara di dunia yang memiliki senjata nuklir telah menghabiskan $82,4 miliar untuk pembelanjaan persenjataan nuklirnya pada tahun 2021 atau meningkat delapan persen dari tahun sebelumnya.

Sebuah Kampanye Internasional untuk Menghapuskan Senjata Nuklir (ICAN) menyatakan dalam laporannya, pembelanja terbesar adalah Amerika Serikat yang menyumbang lebih dari setengah total pengeluaran, diikuti oleh China, Rusia, Inggris dan Prancis.

ICAN adalah koalisi organisasi non-pemerintah yang mempromosikan kepatuhan dan implementasi perjanjian larangan senjata nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Laporan “Squandered: 2021 Global Nuclear Weapons Spending” merinci pengeluaran sembilan negara ini untuk persenjataan mereka, perusahaan yang diuntungkan, serta pelobi yang disewa untuk mempertahankan bisnis senjata nuklir.

Pengeluaran ini tidak melakukan apa pun untuk menghalangi invasi Rusia ke Ukraina.

Sebaliknya, kegagalan selama puluhan tahun untuk mengejar perlucutan senjata yang efektif telah menempatkan dunia ke dalam jurang nuklir satu negara.

Sementara itu, sembilan negara telah memprioritaskan pengeluaran $ 156.841 per menit untuk senjata nuklir, disaat jutaan warganya berjuang untuk mengakses perawatan kesehatan, memanaskan rumah mereka, dan bahkan membeli makanan. Pengeluaran untuk senjata nuklir adalah kekerasan yang merenggut nyawa

Dilansir Al Jazeera, ICAN juga mencatat bahwa produsen senjata nuklir menghabiskan jutaan dolar untuk melobi pertahanan, dengan setiap $1 yang dihabiskan untuk melobi menghasilkan rata-rata $256 dalam kontrak baru yang melibatkan senjata nuklir.

AS menghabiskan tiga kali lebih banyak daripada yang berikutnya  yakni mencapai $ 44,2 miliar. China adalah satu-satunya negara lain yang melewati batas sepuluh miliar, yang menghabiskan $ 11,7 miliar.

Rusia memiliki pengeluaran tertinggi ketiga hingga $ 8,6 miliar. Inggris $ 6,8 miliar, Perancis $ 5,9 miliar tidak terlalu jauh di belakangnya. India, Israel, Pakistan juga masing-masing menghabiskan lebih dari satu miliar dolar untuk persenjataan mereka. Korea Utara menghabiskan $ 642 juta. 

"Negara-negara bersenjata nuklir menghabiskan sejumlah uang yang dinilai tidak senonoh itu untuk senjata pemusnah massal ilegal pada tahun 2021, sementara sebagian besar negara di dunia mendukung larangan senjata nuklir global,” kata kelompok itu dalam laporannya.

Pengeluaran ini gagal mencegah perang di Eropa dan menyia-nyiakan sumber daya berharga yang sebenarnya dapat digunakan dengan lebih baik untuk mengatasi tantangan keamanan saat ini, atau mengatasi akibat dari pandemi global yang masih berkecamuk. Siklus korup dari pengeluaran boros ini harus diakhiri.

"Pertukaran uang dan pengaruh, dari negara ke perusahaan hingga pelobi dan think tank, menopang dan memelihara gudang senjata global yang sangat merusak,” kata laporan itu.

Pada hari Senin, Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) memperingatkan bahwa kesembilan negara bersenjata nuklir meningkatkan atau meningkatkan persenjataan mereka , dan bahwa risiko senjata semacam itu dikerahkan tampak lebih tinggi sekarang daripada kapan pun sejak puncak Perang Dingin.

Rusia, yang menginvasi Ukraina pada Februari, secara terbuka juga mengancam akan menggunakan senjata nuklirnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES