Gaya Hidup

Desain Kreatif Wawan Wood Ubah Kamar Tua di Kota Madiun menjadi Klasik tapi Mewah

Rabu, 15 Juni 2022 - 21:01 | 161.75k
Suswandono Wawan, (Wawan Wood) seorang Consultant Design Interior dan Exterior yang mendesain kamar tua menjadi kamar mewah. (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Suswandono Wawan, (Wawan Wood) seorang Consultant Design Interior dan Exterior yang mendesain kamar tua menjadi kamar mewah. (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Suswandono Wawan atau yang dikenal dengan sebutan Wawan Wood,  seorang Consultant Design Interior and Exterior,  menciptakan dua kamar tidur mewah high tech tapi bernuansa Jawa tradisional yang ekonomis di dalam rumah tua di Kota Madiun. Bangunan yang disulap dengan penuh kreativitas itu,  sudah berumur lebih dari 90 tahun.

Dengan mengaplikasikan perpaduan interior antara kayu jati solid dan akrilik, kamar yang semula terlihat tidak nyaman untuk ditinggali, kini terlihat bak seperti kamar hotel mewah nan menawan.

"Kayu jati saya pilih agar kamar tersebut berkesan hommy, nyaman dan mewah, dengan memperhatikan kualitas dan estetika design dari interiornya," ujar Consultant Design Interior dan Exterior, Suswandono Wawan saat ditemui TIMES Indonesia, Rabu (15/6/2022).

Salah-satu-kamar-yang-di-desain-oleh-Wawan-Wood.jpg

Salah satu kamar yang di desain oleh Wawan Wood. (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

Saat melakukan renovasi, Wawan Wood tidak melakukan banyak perubahan pada bangunan lama kamar tersebut. Agar terlihat lebih mewah, dirinya hanya meninggikan pintu kamar serta menyesuaikan jendela, plafon, dan memberi karpet jati rajutan.

"Karena tidak banyak mengubah bangunan lama, sebagai gantinya saya banyak menambahkan aksesoris untuk pintu, jendela, connecting kamar, dinding, lantai dan furniture agar terkesan modern high tech, namun kental unsur Jawa tradisional dengan sentuhan CNC, grouting dan motif pengganti ukiran sehingga bisa hemat waktu dan budgetnya," jelasnya.

Desain aksesoris interiornya juga merupakan perpaduan antara kayu solid dan akrilik yang mana penggunaan nya cukup jarang ditemukan, namun Wawan Wood sudah terbiasa melakukan hal tersebut dari tahun 2007 hingga saat ini.

Kamar-yang-di-desain-high-tech-bernuansa-Jawa-Tradisional.jpg

Kamar yang di desain high tech bernuansa Jawa Tradisional yang di usung oleh Wawan Wood. (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

"Biasanya kan orang menggunakan HPL multipleks cover dipadukan dengan akrilik atau hanya HPL saja yang digunakan sebagai desain interior," terangnya.

Pada saat TIMES Indonesia menginjakkan kaki pertama kali di dalam rumah tersebut, terasa biasa saja, seperti rumah pada umumnya. Namun ketika masuk ke dalam kamar tidur, terasa sekali jauh perbedaannya.

Kamar semula yang terkesan sedikit menyeramkan, dia sulap menjadi mewah, bak kamar hotel nan elegan dengan waktu pengerjaan hanya tiga pekan.

Wawan Wood yang juga salah satu dari Art Director Film Get Lost sudah cukup terbiasa dengan sigap merubah kondisi lokasi syuting sesuai dengan skenario yang diinginkan oleh sutradara. Begitu juga dengan merubah interior ruangan agar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh clientnya dan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

"Desain suatu ruangan harus sesuai dengan karakter penghuni atau klien yang menempati. Karena owner rumah ini suka dengan tanaman, saya pilihkan beberapa alternatif, tapi yang dipilih justru motif bunga matahari. Jadi pendekatan seperti itu perlu kita lakukan agar sesuai harapan dan hasil tidak jauh dari ekspetasi klien," kata Consultant Design Interior dan Exterior Wawan Wood usai merenovasi kamar tua menjadi kamar mewah di Kota Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES