Peristiwa Internasional

Rusia Larang 29 Wartawan Inggris Masuk ke Negaranya

Rabu, 15 Juni 2022 - 16:06 | 27.72k
Sudut kota Kremlin, Moskow, Rusia. (Foto: Freepik)
Sudut kota Kremlin, Moskow, Rusia. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rusia memutuskan melarang 29 wartawan Inggris masuk ke negaranya. Hal ini karena Rusia menganggap para wartawn tersebut berat sebelah dalam memberitakan kondisi Rusia.

Pemerintah Moskow, Rusia mengatakan para wartawan tersebut diduga menyebarkan berita palsu dan informasi yang salah tentang Rusia. Mereka juga ditengarai menyebarkan aksi anti Rusia yang kini tengah digenjot pemerintah Inggris.

Diantara wartawa-wartawan tersebut juga terdapat 5 wartawan The Guardian, surat kabar terbesar di Inggris. Selebihnya berasal dari BBC, the Sunday Times, the Daily Mail, the Independent, Daily Telegraph, Sky News the Times, Daily Telegraph, Daily Mail dan Independent.

"Nama-nama wartawan Inggris yang disebutkan dalam daftar merupakan mereka yang terlibat dalam penyebaran informasi palsu dan sepihak yang disengajatentang Russia dan peristiwa di Ukrana dan Donbas," ungkap Menteri Luar Negeri Rusia melalui rilis seperti dilansir dari The Guardian.

Menanggapi hal tersebut, pihak The Guardian menilai hal ini sebagai sebuah tekanan terhadap kebebasan press. "Jurnalisme yang terpercaya dan akurat sangat diperlukan saat ini, terlepas hal ini kami akan tetap kukuh memberitakan invasi Rusia ke Ukraina," ungkap mereka.

Selain ke 29 wartawan tersebut, 20 warga Inggris lainnya juga dilarang memasuki kawasan Rusia. Mereka yang termasuk dalam daftar umumnya merupakan tokoh militer, tokoh kedirgantaraan senior, dan beberapa anggota perlemen Inggris. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES