Hukum dan Kriminal

Polda Jabar Amankan 5 Orang Anggota Khilafatul Muslimin

Rabu, 15 Juni 2022 - 10:56 | 24.02k
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Ibrahim Tompo.
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Ibrahim Tompo.

TIMESINDONESIA, BANDUNGPolda Jabar mengamankan 5 orang terkait aktifitas Khilafatul Muslimin di dua wilayah di Jabar. Kelima orang tersebut diamankan di Kota Cimahi tiga orang dan Kabupaten Karawang dua orang.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Ibrahim Tompo mengatakan, masih mengusut dan mendalami keterlibatan Khilafatul Muslimin dalam konvoi yang dilakukan sejumlah orang dengan menggunakan sepeda motor.

“Di wilayah Cimahi sebanyak tiga orang ditangkap kepolisian, sebagai imbas kegiatan konvoi Khilafatul Muslimin tersebut. Sementara di wilayah Karawang dua orang ditangkap," kata Kabid Humas Polda Jabar di Mako Polda Jabar, Rabu (15/6/2022.

Inisial ketiga orang yang ditangkap di wilayah hukum Cimahi itu adalah AE, AS dan SA. Sementara inisial dua orang yang ditangkap di wilayah hukum Karawang itu adalah HM dan EU.

Dari kelima orang tersebut, polisi berhasil mengamankan barang bukti tiga helai baju bertulisan Khilafatul Muslimin dan dua buah kalender Khilafah.

Kombes Ibrahim Tompo menambahkan, berdasarkan hasil gelar perkara dan penyelidikan, mereka terbukti bersalah sebagaimana bunyi pasal 107 jo pasal 53 jo pasal 157 dan pasal 14 ayat (1) dan (2) dan pasal 15 UU No.1/1946 tentang peraturan hukum pidana.

"Ini terbukti ada perbuatan pidananya," tandas Ibrahim.

Beberapa waktu lalu, viral video di sosial media (sosmed) yang menyuguhkan visualisasi tentang rombongan motor dengan membawa atribut seperti bendera khilafah. Hal tersebut dicuitkan oleh akun Twitter bernama @Miduk17.

"Pak @mohmahfudmd @DivisiHumas_Polri mengapa konvoi ini dibiarkan? Bukankah negara ini sudah sepakat jika Khilafah adalah TERLARANG?," tulis akun @Miduk17 mengomentari postingan konvoi motir Khilafatul Muslimin.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES