Politik

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, KPU Kota Madiun Gelar Nobar Peluncuran

Selasa, 14 Juni 2022 - 23:51 | 39.79k
Nobar peluncuran tahapan Pemilu 2024 di kantor KPU Kota Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia)
Nobar peluncuran tahapan Pemilu 2024 di kantor KPU Kota Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Tahapan Pemilu 2024 telah dimulai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) elaksanakan peluncuran tahapan pemilu secara serentak. KPU Kota Madiun menggelar nonton bareng peluncuran tahapan Pemilu 2024 bersama stakeholder terkait.

"Sesuai PKPU 3/2022 tahapan dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara," ungkap Ketua KPU Kota Madiun Wisnu Wardhana disela nobar peluncuran tahapan Pemilu 2024 di kantor KPU Kota Madiun, Selasa (14/6/2022) malam.

Pemungutan suara pemilu serentak 2024 telah ditetapkan pada 14 Februari 2024, dan tahapan paling lambat dimulai pada 14 Juni 2022. KPU Kota Madiun telah menyiapkan jadwal dan kegiatan sesuai tahapan.

"KPU sudah melakukan sejumlah persiapan. Langkah awal di tahun 2022 ini adalah  pendaftaran parpol, sosialisasi, pembentukan badan adhoc, penataan dapil dan alokasi kursi," jelas Wisnu.

Menurut Wisnu ada sejumlah  tahapan krusial yang menjadi tantangan KPU Kota Madiun. Secara luas wilayah, Kota Madiun lebih sedikit dibanding dengan daerah lain. Namun KPU menekankan pentingnya pemahaman masyarakat terhadap regulasi pemilu.

Nobar-peluncuran-tahapan-Pemilu-2024-a.jpg

Komisioner penyelenggaran pemilu bersama pengurus parpol dan stakeholder terkait. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

"Pemahaman utuh terhadap regulasi itu yang kita butuhkan. Terutama adanya sejumlah perubahan regulasi dibandingkan pemilu sebelumnya. Misalnya PKPU yang mengatur lebih umum dan longgar," kata Wisnu.

Selain itu, KPU Kota Madiun akan memberi perhatian pada proses pendaftaran parpol dan pemutakhiran data pemilih. Diharapkan ada dukungan dari masyarakat agar diperoleh data pemilu yang valid.

"Data valid itu penting untuk menjadi rujukan dalam perencanaan logistik, kebutuhan pemilu dan penataan TPS," tegas Wisnu.

Sementara untuk target partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024, Wisnu mengatakan belum menentukan secara pasti. Namun mengacu pada pemilu sebelumnya, diharapkan partisipasi pemilih lebih dari 80 persen.

"Target pasti belum kami tentukan, tapi setidaknya dari pemilu lalu kita bisa mencapai angka 81 persen. Diharapkan ada peningkatan," kata Wisnu.

Selain pemilihan legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden, KPU Kota Madiun juga akan menyelenggarakan pilkada di tahun yang sama. Pilkada Kota Madiun akan digelar pada bulan November 2024.  "Tahapan pilkada yang beriringan tersebut merupakan tantangan bagi KPU," ujar Wisnu.

Nonton bareng peluncuran tahapan Pemilu 2024 di kantor KPU Kota Madiun dihadiri oleh komisioner KPU dan Bawaslu, perwakilan forkompimda dan pengurus parpol. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES